Apa Saja Tantangan yang Mungkin Dihadapi oleh Seorang Manajer Produk ?

Seorang manajer produk harus memiliki karakteristik yang baik serta diharapkan mampu mengatasi sebuah tantangan yang mungkin akan terjadi, lalu apa saja tantangan-tantangan yang mungkin akan dihadapi oleh seorang manajer produk ?

1 Like

Ada enam tantangan yang mungkin akan dihadapi oleh seorang manajer produk, berikut penjelasannya :

  1. Kendala Waktu
    Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh seorang manajer produk adalah banyaknya tuntutan yang memakan waktu, sehingga seorang manajer produk harus belajar banyak di waktu yang terbatas untuk memenuhi permintaan dari manajemen dan tim, harapannya seorang manajer semakin cepat dalam menyeimbangkan kebutuhan dan ekspetasi lalu dapat mengidentifikasi peluang pasar yang menjajikan.

  2. Keinginan Untuk Reaktif alih-alih Menjadi Proaktif
    Banyaknya anggota tim yang berbeda-beda membuat seorang manajer produk perhatiannya terbagi,sangat mudah bagi seorang manajer untuk jatuh ke pilihan yang salah. Agar seorang manajer menjadi seorang yang efektif harus konsisten pada pilihan yang ditentukan dari tujuan dan strategi perusahaan.

  3. Kurangnya Kontrol dalam Manajemen Produk
    Sebagai seorang manajer produk agar keefektifan semakin meningkat sebaiknya memperoleh tanggung jawab atas keuntungan dan kerugian, tetapi banyak perusahaan yang tidak memberikan hal ini kepada manajer produk. Seorang manajer produk harus bisa membangun konsensus dan dukungan dari orang lain di dalam organisasi.

  4. Ketegangan Antara Tujuan Jangka Pendek Dengan Jangka Panjang
    Agar mencapai hasil yang terbaik, manajer produk harus menentukan strategi untuk jangka panjang dan jangka pendek, dengan tenggang waktu yang dikit dan tingkat urgensi yang tinggi dapat mencuri waktu yang berharga dari visi yang penting. Sebagai seorang manajer produk yang terlibat penuh perlu sekali belajar menyeimbangkan waktu dan kewajiban.

  5. Pendapat yang Bervariasi
    Setiap orang dalam tim akan memiliki pendata tentang cara yang terbaik untuk mengembangkan produk dan membawa ke pasaran, karyawan akan merasa bergairah dengan pendekatan mereka dan akan mempertahankannya, sebagai seorang manajer produk anda tetap harus menjaga tim dengan keputusan yang berpusat pada sebuah fakta. Fakta harus selalu mengalahkan opini dalam mengambil sebuah keputusan, selalu belajar dengan kepribadian serta ide-ide yang berbeda.

  6. Perubahan Dinamika Pasar
    Perubahan merupakan hal yang dapat diandalkan dalam kehidupan dan memanajemen produk, kemajuan sebuah produk serta munculnya sumber baru juga kebutuhan pelanggan yang berubah-ubah, manajer produk harus berupaya untuk memahami pasar serta tren yang sedang berlaku dan mengidentifikasi resiko serta peluang untuk membantu organisasi.

Sumber :

https://www.actuationconsulting.com/six-challenges-product-managers-face/

1 Like