Apa saja tantangan yang harus dihadapi oleh manajer pemasaran?

Menjadi seorang manajer pemasaran, memiliki risiko dan tantangn yang dihadapi dalam proses manajerialnya sehari-hari

Menjadi seorang Manajer Pemasaran tidaklah mudah. Tanggung jawab dan tuntutan pekerjaan yang tinggi, mengharuskan seorang manajer memiliki kemampuan yang baik. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin berkembang dan mengubah cara kita berkomunikasi, sehingga strategi marketing harus selalu menyesuaikan. Tantangan yang dihadapi manajer pemasaran adalah tetap adaptif sesuai dengan perkembangan zaman. Berikut adalah hal-hal yang menjadi tantangan bagi para manager marketing:

  • Alignment, penyesuaian antara strategi marketing dan usaha penjualan. Strategi marketing yang baik, agar bisa menarik pelanggan, sehingga meningkatkan jumlah penjualan barang.
  • Branding, dalam mengembangkan brand, harus fokus kepada interaksi pelanggan terhadap perusahaan kita. Brand yang tepat akan mengkomunikasikan pesan yang tepat terhadap pengguna, sehingga menimbulkan ikatan terhadap brand tersrbut.
  • Technology, sangat penting dalam menggunakan teknologi yang dapat menjaidi solusi di dunia marketing zaman sekarang. Sangat penting untuk memilih pengunaan teknologi yang paling tepat untuk kebutuhan perusahaan.
  • Mobile and Devices, saat ini, penggunaan mobile marketing lebih banyak dibanding penggunaan desktop. Serta penggunaan Internet of Things, merubah cara marketing ke era yang lebih canggih. Manajer harus bisa mempelajari dan menyesuaikan perubahan ini dengan tepat.
  • Content Marketing, konten yang terdapat dalam marketing, haruslah bersifat efektif, mampu memikat, dan konsisten. Manajer harus mampu menyesuaikan isi konten dengan perubahan zaman, serta tetap menyampaikan pesan dalam marketing, yang dapat membangun hubungan dengan pelanggan.

Referensi:
https://www.forbes.com/sites/propointgraphics/2017/06/21/new-challenges-for-marketing-leaders-of-the-future/#1c13d83f253a