Apa saja tantangan yang dihadapi Negara Ethiopia dalam merealisasikan pembangunan Grand Ethiopian Renaissance Dam?

Salah satu solusi yang dilakukan Negara Ethiopia dalam mengatasi masalah kekeringan yang melanda negara tersebut adalah dengan pembangunan waduk yang diberi nama Grand Ethiopian Renaissance Dam. Namun dalam perealisasiannya, Negara Ethiopia mendapat sejumlah tantangan. Apa saja tantangan yang dihadapi Negara Ethiopia dalam merealisasikan pembangunan Grand Ethiopian Renaissance Dam?

Menurut Muhammad Mohdar dkk, dalam Jurnal Hubungan Internasional yang berjudul Alasan Pemerintah Etiopia Membangun Grand Ethiopian Renaissance Dam (GERD) di Kawasan Sumber Daya Air Lintas Batas Negara menyebutkan bahwa

Pembangunan Grand Ethiopian Renaissance Dam (GERD) merupakan sebuah langkah kontroversial yang dilakukan oleh Pemerintah Etiopia.

Etiopia diyakini akan menjadi pemegang kendali aliran air Sungai Nil segera setelah terselesaikan nya proyek pembangunan bendungan tersebut (Lazarus, 2018). Namun, Etiopia harus menghadapi sejumlah tantangan dalam merealisasikan proyek ambisius tersebut.

Tantangan datang dari protes-protes negara-negara hilir yang merasakan dampak dari proyek pembangunan GERD. Salah satu negara hilir yang selama ini telah mengeksploitasi Sungai Nil yaitu Mesir terus melayangkan protes dan ancaman terhadap Etiopia.