Apa saja tanda-tanda pemakaian kartu kredit Anda mulai berbahaya?

kartu kredit

Apa saja tanda-tanda pemakaian kartu kredit Anda mulai berbahaya?

  1. Tagihan kartu kredit Anda lebih besar daripada porsi tabungan. Perhatikan dari sekarang, berapa nilai tagihan kartu kredit Anda, apakah lebih besar daripada porsi penghasilan yang Anda tabung? Idealnya, besar tabungan minimal 10-20 persen dari nilai penghasilan rutin.

  2. Anda memakai kartu kredit secara impulsif. Hal-hal impulsif yang dimaksud, seperti online shopping di tengah kepenatan pekerjaan. Jangan sampai hal itu menjadi kebiasaan di masa mendatang yang akan membuat Anda mulai kehilangan kendali dalam memakai kartu kredit.

  3. Anda sering membayar minimum payment. Hutang kartu kredit bunganya terus menggulung hingga tagihan yang tadinya seolah sedikit, lama kelamaan bisa membengkak tak karuan.

  4. Anda mulai akrab dengan transaksi tarik tunai kartu kredit. Kartu kredit memiliki fitur tarik tunai yang memungkinkan pemegang kartu menarik uang sewaktu-waktu melalui mesin ATM. Transaksi tarik tunai kartu kredit juga terkena biaya sendiri selain bunga. Oleh karena itu, sebaiknya transaksi tarik tunai kartu kredit sebaiknya dihindari kecuali terpaksa.

Mungkin keempat hal yang telah disebutkan di atas bisa menjadi tanda-tanda kalau pemakaian kartu kredit Anda mulai berbahaya.