Apa saja tanda-tanda kucing akan melahirkan?

Kucing

Kucing umumnya mempunyai masa kehamilan sekitar 60 – 70 hari dan biasanya kucing yang telah menjalani masa kehamilannya pasti akan segara siap untuk melahirkan. Apa saja tanda-tanda kucing akan melahirkan?

Tanda-tanda kucing yang akan melahirkan antara lain :

  1. Mencari tempat
    Saat 3 hari sebelum kucing anda ingin melahirkan, kucing tersebut akan sibuk mencari sudut sudut tempat dan membuat gaduh rumah yang pastinya hal ini tidak biasa mereka lakukan sebelumnya. Seperti memaksa masuk ke lemari, masuk kedalam kolong meja, bahkan masuk ke atap rumah.

  2. Pecahnya air ketuban
    Dalam proses yang sangat mendebarkan ketika kucing anda ingin melahirkan adalah saat induk kucing mengalami pecahnya air ketuban mereka. Oleh karena itu jangan lupa perhatikan kucing anda dengan menyediakan tempat yang terbaik untuk proses melahirkan mereka seperti menyediakan alas yang lembut pada kucing tersebut.

  3. Tidur panjang
    Kucing yang sudah mendekati waktu melahirkan juga mengalami waktu tidur yang cukup panjang hingga 20 jam. Mungkin hal ini agak mengkhawatirkan jika kita tidak tau penyebab mereka kenapa begitu lama tertidur. Tapi sobat cat lovers tenang saja, kalo kucing anda tidur lama dalam keadaan hamil itu bisa di pastikan kucing anda sudah mendekati proses kehamilannya.

  4. Mengeluarkan cairan kolostrum
    Dalam mendekati hari kelahiran induk kucing, kucing tersebut akan mengeluarkan cairan kolostrum yang biasa di sebut jolong, cairan kolostrum ini berasal dari kelenjar susu yang merupakan sebagai tanda bayi kucing akan segera keluar dari rahim induk kucing. Warna pada cairan kolostrum mempunyai bentuk warna kuning umumnya.

  5. Mengeong-ngeong berlebihan
    Kucing yang sangat mendekati proses kehamilannya biasanya akan mengeong ngeong keras seperti memanggil kucing jantannya. Namun jika hal tersebut terjadi, sebagai pemiliknya anda jangan membawa seekor kucing jantan kepada kucing betina karena hal itu sangat berbahaya untuk bayi kucing yang nanti di lahirkan.

Sumber : http://okdogi.com/2015/12/5-ciri-tanda-bahwa-kucing-akan-segera-melahirkan/

Saat waktu melahirkan akan segera tiba, kucing yang sedang mengandung akan tampak seperti sedang mencari sarang atau tempat yang nyaman bagi dia untuk melahirkan dan mengasuh anak-anak kucing yang akan dia lahirkan. Banyak kucing yang akan melahirkan suka untuk mencari tempat yang sedikit pribadi atau privat seperti lemari atau tempat lain yang tersembunyi.

Jika anda mendapati kejadian seperti ini, anda dapat meletakkan selimut atau handuk pada tempat-tempat yang dipilih kucing agar dia merasa lebih nyaman. Selain itu anda juga dapat menawarkan sarang yang lain bagi kucing anda seperti kotak kardus. Yang perlu diperhatikan adalah banyak kucing yang ingin memilih sendiri sarang mereka dan bahkan akan mengganti lokasi sarang yang telah dia pilih

Anda harus mengenal tanda-tanda yang biasanya menunjukkan bahwa kucing anda akan segera melahirkan. Proses persalinan pada kucing secara umum dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama biasanya berlangsung antara 12 hingga 24 jam. Tanda-tanda yang menyertai tahap pertama ini adalah:

  • Rasa gelisah, kucing mencari tempat untuk bersembunyi.
  • Kerontokan rambut yang banyak, kucing sering menjilat area kelamin.
  • Kucing terengah-engah. (baca juga: Ciri-ciri Kucing Anggora)
  • Kucing menjadi rewel dan menangis dengan keras.
  • Penurunan suhu tubuh sekitar 1 atau 2 derajat dari suhu normal (38,9 derajat celcius).
  • Tidak nafsu makan.
  • Muntah.

Jika anda menemukan adanya perdarahan, segera membawanya ke dokter hewan untuk pertolongan pertama. Perdarahan sebelum persalinan biasanya menunjukkan bahwa terjadi suatu hal yang salah dan anda harus segera meminta bantuan kepada dokter hewan.

Sumber : https://arenahewan.com/cara-membantu-kucing-melahirkan

Semakin dekat hari untuk melahirkan, kucing anda akan tampak gelisah dan tampak sering untuk berkeliling. Selain itu, perilaku lain yang dapat anda amati adalah adanya perubahan beberapa kebiasaan dari kucing. Contohnya adalah jika kucing anda biasanya suka menyendiri maka dia tiba-tiba bisa menjadi manja dengan majikannya. Atau juga sebaliknya, kucing yang biasanya manja dengan majikannya akan menjadi lebih suka untuk menyendiri. (Baca Juga: Cara Menggemukan Kucing Kampung)

Tanda lain yang menunjukkan bahwa kucing akan segera melahirkan adalah kucing yang mulai kehilangan nafsu makan. Kucing yang sedang hamil biasanya akan makan lebih banyak dari biasanya. Tetapi saat waktu melahirkan akan segera tiba, dia bisa kehilangan nafsu makannya atau bahkan berhenti sama sekali untuk makan. Anda dapat melihat hal ini dengan cara mengamati sisa makanan dari kucing anda. Jika dia meninggalkan sisa makanan yang banyak dari porsi awal maka perlu dicurigai bahwa dia kehilangan nafsu makan dan akan segera melahirkan.