Apa saja tanda-tanda Early Childhood caries pada anak?

Karies gigi dapat menyerang anak-anak. Apa saja tanda-tanda Early Childhood caries pada anak?

Early childhood caries, atau karies gigi pada anak, dikenal juga dengan sebutan lain seperti early childhood tooth decay, baby bottled fed tooth decay, early childhood dental decay, comforter caries, nursing caries, maxillary anterior caries, rampant caries dan lain-lain.Meski memiliki banyak sebutan, namun semua mengarah pada arti yang sama: penyakit karies gigi pada anak. Penyakit karies ini sifatnya kronis dan menular. Penyebabnya adalah interaksi bakteri Streptococcus mutans dan makanan manis yang melekat pada gigi.

Tanda-tanda karies gigi pada anak salah satunya adalah tampak bercak putih yang terlihat jelas, yang biasanya muncul di perbatasan garis gusi dan gigi. Pada kondisi ini belum terjadi kerusakan pada jaringan keras gigi dan permukaan enamel gigi masih mulus. Namun jika tidak dilakukan perawatan, maka permukaan enamel gigi akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Ada kemungkinan anak Anda mengalami early childhood caries jika terdapat dua kondisi ini. Pertama, terdapat 1 gigi atau lebih yang mengalami karies gigi, baik berlubang atau tidak. Kedua, kehilangan gigi akibat karies atau gigi susu dengan tambalan gigi dari sejak lahir sampai usia 71 bulan atau hampir 6 tahun.

www.klikdokter.com