Apa saja taman nasional yang bisa di jelajahi di Jawa Timur?

meru betiri
Taman nasional menjadi tujuan penjelajahan utama oleh mereka yang suka dengan kegiatan outdoor. Apa saja taman nasional yang bisa di jelajahi di Jawa Timur?

  1. Taman Nasional Baluran
    Baluran merupakan taman nasional di Jawa Timur yang wilayahnya paling kecil. Taman nasional ini berada di perbatasan Situbondo dan Banyuwangi. Sebagian wilayahnya masuk Kabupatan Situbondo, sebagiannya lagi masuk Kabupaten Banyuwangi. TN Baluran memiliki luas total 250 km² yang meliputi wilayah dararan dan perairan. Nama taman nasional ini diambil dari nama sebuah gunung yang berdiri gagah di sekitar taman nasional yakni Gunung Baluran. TN Baluran sangat terkenal dengan padang rumput luas sebagai tempat pengamatan binatang liar yang sering disebut Savana Bekol.

  2. Taman Nasional Meru Betiri
    Dengas luas wilayah mencapai 580 km², TN Meru Betiri merupakan taman nasional paling luas yang ada di Jawa Timur. Wilayah taman nasional ini juga mencakup perairan dan daratan. Lokasi taman nasional sendiri berada di perbatasan kabupaten Jember dan Banyuwangi. Nama taman nasional ini juga diambil dari sebuah gunung setinggi 1.223 mdpl yang berdiri kokoh di lingkungan taman nasional yakni Gunung Betiri. Potensi wisata yang banyak dimiliki oleh taman nasional ini adalah pantai. Salah satu pantai yang paling terkenal adalah Pantai Sukamade yang mana pantai tersebut dijadikan tempat konservasi penyu. 3 pantai lain yang ada di kawasan TN Meru Betir antara lain Pantai Bandealit, Pantai Rajegwesi dan Pantai Teluk Hijau

  3. Taman Nasional Alas Purwo
    Taman Nasional Alas Purwo yang memiliki luas wilayah mencapai 434 km² berada di dua kecamatan di Banyuwangi yakni Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo. Sama seperti dua taman nasional di atas, wilayah taman nasional ini juga mencakup daratan dan perairan. Wilayah taman nasional ini termasuk G-Land yang terkenal sebagai spot surfing terbaik di Banyuwangi. TN Alas Purwo juga punya sebuah padang rumput luas yang sering dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan binatang-bintang liar di habitat asli mereka. Padang rumput tersebut dikenal dengan nama Savana Sadengan. Beberapa tempat menarik yang berada di kawasan TN Alas Purwo selain G-Land dan Savana Sadengan antara lain Pantai Trianggulasi, Pantai Pancur, Pantai Ngagelan serta Kawasan Hutan Mangrove Bedul

  4. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
    Dari semua taman nasional yang ada di Jawa Timur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah yang paling terkenal. Wilayah taman nasional ini sebagian besar adalah kawasan pegunungan. Nama taman nasional ini sendiri diambil dari nama-nama gunung yang berada di kawasan nasional yakni Gunung Bromo, Gunung Tengger dan Gunung Semeru. Taman nasional yang luas wilayahnya mencapai 503 km² ini berada di 4 wilayah kabupaten di Propinsi Jawa Timur yakni Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang. Banyak sekali tempat keren dan terkenal di kawasan TN Bromo Tengger Semeru seperti Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Pasir Berbisik di Gunung Bromo, Puncak 29, Lembang Jemplang dll. Di kawasan taman nasional inilah hidup komunitas Suku Tengger yang konon merupakan ketuturunan dari Kerajaan Majapahit.