Apa saja tahapan untuk melakukan brainstorming?

Brainstorming merupakan teknik yang mengupayakan pencarian penyelesaian dari suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan gagasan secara spontan dari anggota kelompok. Lalu tahapan apa saja yang diperlukan untuk melakukan brainstorming?

team-808766__340

Brainstorming adalah sebuah alat bantu yang digunakan untuk mengeluarkan ide dari setiap anggota tim yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Kesuksesan brainstorming dapat dilihat dari suasana bebas tanpa kritik untuk menggali ide kreatif atau solusi alternatif tanpa batas.

Brainstorming dapat memberi inspirasi, memperluas wawasan, pembelajaran dalam mengambil keputusan,menciptakan kesetaraan dan melibatkan seluruh angoota tim.

Berikut merupakan tahapan untuk melakukan brainstorming :

  1. Pastikan semua anggota yang ikut brainstorming diberi tahu terlebih dahulu dengan jelas tujuan dari brainstorming tersebut, sehingga semua orang yang hadir bisa mempersiapkan diri.
  2. Pastikan bahwa anggota yang ikut dalam brainstorming mengerti ruang lingkup permasalahannya.
  3. Suasana harus santai dan nyaman, agar semua orang dapat mengungkapkan ide atau gagasan mereka dengan lebih terbuka.
  4. Setiap orang yang ikut harus berpikiran positif, walaupun masalah yang dihadapinya berat.
  5. Setiap orang harus tahu peraturan dasar dari brainstorming (memberi sesi waktu antara 15-30) menit dan dapat mengendalikan diri masing-masing.
  6. Permasalahan harus diurai dengan jelas dan bersama-sama agar semua anggota mengerti dan berpikir atas dasar itu bukan yang lain.
  7. Setiap ide atau gagasan yang diajukan (baik spontan ataupn bergantian harus cukup jelas latar belakangnya dan rasionalnya dalam konteks ini ada benang merah antara permasalahan dan ide yang diajukan.
  8. Mencatat semua ide bisa di papan tulis/sticky notes yang dapat dilihat dengan jelas oleh seluruh tim
  9. Setelah selesai semua anggota tim mengeluarkan ide, gagasan dan pendapat. Seluruh tim me-riview semua ide dan memastikan semua peserta memahami apa yang dimaksud dan mengevaluasi seluruh daftar, menghilangkan duplikasi dan mengkombinasi yang sejenis.

Brainstorming akan berhasil apabila semua orang dapat menggali ide kreatif dalam susasana bebas, tanpa kritik dan mau mendengarkan pendapat yang berbeda dari perspektif kita.

Referensi :