© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja tahapan-tahapan self-awareness?


Self-awareness dalam diri individu dapat mempengaruhi perkembangan individu itu sendiri dan bahkan perkembangan sesamanya, karena individu akan menampilkan dirinya di luar dirinya, serta berefleksi atas keberadaannya. Apa saja tahapan-tahapan untuk mencapai self-awareness?

Menurut Sastrowardoyo (1991) dalam mencapai self awareness yang kreatif individu akan melalui beberapa tahapan, seperti:

  • Tahap ketidaktahuan
    Tahap ini terjadi pada seorang bayi yang baru lahir dan belum memiliki kesadaran diri. Kondisi tersebut dapat dikatakan juga sebagai tahap kepolosan.

  • Tahap berontak
    Tahap ini ditandai dengan individu memperlihatkan permusuhan dan pemberontakan guna memperoleh kebebasan dalam usaha membangun “inner strength”. Tahap pemberontakan ini adalah kondisi wajar dalam sebuah masa transisi yang perlu dialami dalam perkembangannya. Tujuan dari adanya tahapan ini ialah untuk menghentikan ikatan-ikatan lama guna individu masuk ke dalam situasi yang baru dengan keterikatan yang baru pula.

  • Tahap kesadaran normal akan diri
    Tahap ini ialah kondisi ketika individu dapat melihat kesalahan-kesalahan yang individu lakukan untuk kemudian merespon dengan membuat dan mengambil tindakan yang bertanggung jawab. Kemampuan belajar dari pengalaman-pengalaman sadar akan diri disini akan memberikan suatu kepercayaan yang positif terhadap kemampuan diri. Self-awareness ini akan membentuk pengendalian individu atas hidupnya dan mampu untuk bersikap dalam pengambilan keputusan dalam hidupnya.

  • Tahap self-awareness yang kreatif.
    Seseorang yang telah mencapai tahapan self awareness yang kreatif akan mampu melihat kebenaran secara objektif tanpa dipengaruhi oleh perasaan-perasaan dan keinginan-keinginan yang ada dalam subjektifnya. Dalam mencapai tahapan ini, individu bisa memperolehnya antara lain

    • melalui aktivitas
    • kegiatan ilmiah
    • kegiatan-kegiatan lain diluar kegiatan-kegiatan yang rutin.

    Tahapan ini menjadikan individu menjadi sosok yang mampu melihat hidupnya dari perspektif yang lebih luas. Selain itu, individu bisa memperoleh inspirasiinspirasi dan membuat gambaran mental dirinya yang akan menunjukan langkah dan tindakan yang akan diambil dalam hidupnya.

Menurut Geller (2000), tahapan dalam kesadaran seseorang yaitu:

self awareness

  1. Unconscious Incompetence, yaitu tahapan pertama dimana seseorang tidak mengerti apa yang harus dilakukannya.
  2. Conscious Incompetence, yaitu tahapan kedua dimana seseorang mengerti atau tahu apa yang seharusnya dilakukan, tetapi perlu adanya pembelajaran bagaimana untuk melakukannya secara benar.
  3. Conscious Competence, yaitu tahapan ketiga dimana seseorang dapat melakukannya dengan benar dikarenakan telah mengikuti aturan yang telah ditetapkan.
  4. Unconscious Competence, yaitu tahapan terakhir dimana seseorang telah mempunyai kebiasaan dan mengetahui secara benar apa yang dilakukannya.