Apa saja tahapan dalam Proses Komunikasi di Organisasi?

casestudy1

Proses Komunikasi adalah langkah-langkah mulai dari saat menciptakan informasi sampai dipahami oleh komunikan. Menurut Joseph De Vito (1996) mengemukakan komunikasi adalah transaksi. Hal tersebut berarti bahwa komunikasi merupakan suatu proses, di mana komponen-komponennya saling terkait. Dalam organisasi sendiri, proses komunikasi memiliki tahap-tahap.

proses-komunikasi

Ada beberapa tahapan tahapan mengenai model proses komunikasi dalam organisasi yaitu:

  1. Tahap penciptaan gagasan atau tahap ideasi, yaitu dapat dilakukan oleh pihak pengiriman informasi (komunikator=communicator)

  2. Tahap penyusunan gagasan dalam bentuk simbol atau tanda tanda sandi (tahap enconding) yaitu simbol atau tanda-tanda sandi yang berupa gambar gambar yang menunjukan mengandung arti.

  3. Tahap pengiriman, yaitu gagasaan yang sudah di susun dalam wujud simbol simbol atau tanda tanda sandi yang di sampaikan melewati saluran atau media komunikasi yang sudah di sediakan oleh organisasi yang ber tanggung jawab.

  4. Tahap penerimaan, yaitu informasi yang telah dikirim oleh komunikator lewat media komunikasi di terima oleh pihak penerima informasi.

  5. Tahap menginterprediksikan gagasan atau pesan yang di terima, yaitu tahap yang di sebut juga tahap decoding. Dalam tahap ini gagasan gagasan atau pesan pesan yang telah di terima di interprediksikan atau di artikan.

  6. Tahap tanggapan, yang merupakan tahapan terakhir, sesudah pihak penerima berita melakukan interpretasi terhadap informasi yang telah di terima. Kemudian ada respon respon yang telah di tanggapi, respond umpan balik.