Apa saja syarat-syarat kolam Ikan Lele yang Ideal ?

kolam Ikan Lele

Kolam yang ideal pastinya akan membantu kesuksesan sebuah budidaya ikan lele. Apa saja syarat-syarat kolam Ikan Lele yang Ideal ?

Hal-hal yang harus diperhatikan di antaranya :

  1. Tingkat Keasaman Air
    Diusahakan sebisa mungkin pH di kolam ikan berada pada derajat keasaman yang normal berkisar antara 6-9. Sebab pH air yang terlalu tinggi akan menyebabkan ikan menjadi stres hingga mengeluarkan lendir berlebihan. Berbeda jika pH air yang rendah tidak akan mematikan ikan, tetapi membuat pertumbuhannya lamban. Sedangkan kadar amonia yang berlebihan akan menjadi racun sehingga dapat mematikan ikan lele yang dipelihara.

  2. Suhu Air
    Suhu yang terlalu tinggi akan mengakibatkan kadar oksigen terlarut di dalam air kolam menjadi rendah. Padahal ikan lele membutuhkan oksigen tersebut untuk dapat bertahan hidup. Hal ini menyebabkan ikan lele berusaha mengambil oksigen langsung dari udara dengan mendongakkan kepalanya di atas permukaan air. Karena gerakan ikan lele lebih aktif, maka kotoran yang dikeluarkan pun lebih banyak. Efek lainnya adalah bagian insang ikan tersebut lama-kelamaan berpotensi rusak.

  3. Kadar Amonia
    Amonia yang ada di dalam air berasal dari sisa pakan dan kotoran ikan yang mengendap di dasar kolam. Jika prosentase amonia terlarut sudah terlalu tinggi, amonia tersebut akan berubah menjadi racun yang mematikan bagi ikan lele. Gejala awalnya yakni ikan mengalami stres dan mengeluarkan banyak lendir di tubuhnya. Lambat laun kekuatan insang akan melunak dan gampang terluka. Insang yang sudah rusak mengakibatkan ikan kesulitan dalam mengambil napas.

  4. Oksigen Terlarut
    Semua makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk dapat bertahan hidup. Kekurangan oksigen akan membuat ikan lele susah bernapas hingga berujung pada kematian. Pastikan kolam memiliki air yang bersih dan terjaga sirkulasinya. Kandungan lumpur di dalam air jangan terlampau banyak sebab akan berpengaruh pada kadar oksigen terlarut di air. Khusus untuk kolam pembibitan ikan sebaiknya dilengkapi aerator dan filtrasi untuk menjaga kualitas air.