Apa saja surga tersembunyi di Yogyakarta?

wisata Jogja

Indonesia dikenal sebagai negara dengan beragam objek wisata yang mampu membuat mata dan wawasan kita takjub bukan main. Terletak di garis khatulistiwa dengan iklim tropis disertai jejeran gunung aktif membuat tanah di Indonesia subur dan baik bagi segala jenis tanaman. Barisan pohon yang rindang pun mudah ditemukan di negeri ini. Beberapa provinsinya kaya akan budaya dan tradisi yang mampu menambah pariwisata di Indonesia semakin menarik.

Salah satunya adalah provinsi Yogyakarta yang identik dengan pariwisata Malioboro serta Pantai Parangtritis. Karakter masyarakat Yogyakarta yang ramah dan sederhana membuat kota ini menjadi salah satu kota ternyaman untuk ditinggali di Indonesia. Tak elak bila nama Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki nama di hati para wisatawan baik lokal maupun asing. Tahukah kamu bahwa tempat – tempat di Yogyakarta ada pula yang tidak begitu terkenal namun menyimpan keindahan panorama yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Jangan salah menilai meskipun tempat ini masih sedikit yang mengunjunginya dan jarang didengar namun potensi pariwisatanya bisa saja mengalahkan tempat wisata ternama lainnya yang ada di Yogyakarta. Tertarik dengan tempat wisata tersembunyi tersebut?

Salah satunya adalah di Pemandian Blue Lagoon Tirta Budi Jogjakarta. Bila di Bali memiliki Pantai Blue Lagoon yang terkenal akan pemandangan air pantai berwarna biru maka Yogyakarta juga memiliki pemandian Tirta Budi dengan birunya air kolam. Pemandian yang dibuka dari pukul 06.00 – 18.00 WIB ini mempunyai kedalaman 3 meter yang luasnya hampir menyerupai luas lapangan basket. Sebutan blue lagoon memang pantas disematkan pada pemandian Tirta Budi sebab jika di pagi hari sinar mentari yang memantul di permukaan kolam menyebabkan warna air kolam berubah menjadi biru muda.

Sebenarnya lokasi pemandian Tirta Budi tidak begitu jauh dari pusat kota Yogyakarta cukupmenempuh waktu 30 menit saja dengan mengendarai mobil atau motor untuk mencapai lokasi wisata. Kamu cukup mengambil arah ke utara dari pusat kota kira – kira berjarak 20 km menuju Widodomartani di kawasan Sleman. Tertarik untuk berenang di pemandian ini? Skuyy…

Kalian ada referensi tempat wisata lain di Yogyakarta yang indah tapi belum banyak yang mengunjungi? Yuk diskusikan disini!

Waduk Sermo di Kalibiru, Kulon Progo.
Waduk Sermo

Ada satu tempat indah yang sangat cocok untuk menikmati tenggelamnya senja. Kalibiru adalah nama sebuah desa sekaligus hutan wisata yang terletak di kecamatan Kokap, Kulonprogo. Karena kepedulian warga dalam menjaga salah satu sumber penghidupan mereka, Kalibiru menjadi lokasi ekowisata menarik yang terpelihara dengan baik.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati trekking dengan latar pepohonan hijau. Untuk menyambangi Kalibiru, kamu hanya dikenai tarif 3 ribu rupiah saja. Ada tempat yang asyik buat berfoto di sini, yaitu sebuah platform kecil dari kayu yang terletak di atas pohon pinus. Untuk naik ke atasnya, kamu mesti mendaki tangga bambu. Dari sini, Waduk Sermo tampak jelas di kejauhan. Tunggulah sampai senja tiba dan memantulkan cahaya keemasan di permukaan waduk.

Bukit Parang Endog.
Bukit Parang Endog

Pantai Parangtritis yang terletak di Bantul, tepatnya 27 km selatan kota Yogyakarta memang sangat terkenal. Tapi, kita gak akan membahas pantai ini. Di ujung timur Pantai Parangtritis, ada tempat keren yang biasa digunakan sebagai landasan pacu olahraga paralayang, bernama Bukit Parang Endog.

Jika kamu tertarik untuk mencoba olahraga paralayang ini, kamu bisa melakukan paralayang tandem bersama pilot berpengalaman dengan membayar sekitar 300 ribu sekali terbang. Tapi kalau enggak, tempat ini juga asyik untuk nongkrong. Dari atas bukit kamu bisa melihat keelokan Pantai Parangtritis dari ketinggian. Pemandangan sunset dari atas sini juga keren, lho!