Apa saja strategi yang dapat digunakan untuk menanggapi Threats pada Plan Risk Responses ?


Plan Risk Responses merupakan salah satu cara untuk mengurangi atau menghilangkan resiko terhadap proyek, dan juga menghilangkan peluang untuk meningkatkan dampaknya dari resiko tersebut pada proyek.


Beberapa startegi yang dapat digunakan untuk menanggapi Threats adalah seperti berikut :

AVOID : Strategi ini dilakukan dengan cara menghidari resiko dan dampak yang akan terjadi pada sebuah proyek dengan cara mengubah ruang lingkup, memperpanjang masa atau waktu dalam menyelesaikan resiko, mengubah tujuan dari proyek dan Menghilangkan kesalah pahaman dalam menjalankan sebuah proyek dengan cara menghilangkan resiko teknis.

MITIGATE : Strategi ini dilakukan dengan cara mengurangi resiko yang mungkun tidak dapat dihilangkan. Karena kita sadar sebuah resiko tidak selalu dapat dihilangkan tetapi dapat diminmalisir.

TRANSFER: Strategi ini digunakan dengan cara memindahkan resiko kepada pihak ketiga. Kita sadar bahwa ada resiko yang tidak dapat dihilangkan. Dengan cara ini kita dapat mengurangi beban pada sebuah proyek. Contoh dari strategi ini adalah dengan malukan Asuransi hingga melakukan kontrak pada sebuah proyek.

ACCEPT: Strategi ini merupakan dimana harus menerima sebuah resiko tertentu dalam menjalankan sebuah proyek. Hal ini perlu dikomunikasikan oleh para pemangku kepentingan proyek. Penerimaan resiko dapat dilakukan dengan pasif, dimana konsekuensinya ditangani setelah resiko terjadi atau dilakukan dengan aktif, dimana waktu dan anggaran telah dipersiapkan untuk menerima resiko tersebut.

Referensi :