Sistem pendidikan pada masa sekarang ini sangat kompleks. Tidak ada metode pendekatan belajar atau gaya tertentu yang cocok dan bisa diterapkan untuk semua orang. Itulah sebabnya para psikolog yang bekerja di bidang pendidikan menfokuskan kepada mengidentifikasi dan mempelajari metode belajar untuk mengerti lebih baik bagaimana seseorang menyerap dan memperoleh suatu informasi baru. Para psikolog pendidikan mengaplikasikan teori perkembangan manusia untuk mendapatkan pengertian mengenai proses belajar individu dan juga menginformasikan proses instruksional.
Interaksi antara murid dan guru di sekolah adalah bagian penting dari proses tersebut, namun begitu bukanlah satu – satunya faktor yang berpengaruh. Belajar adalah suatu proses yang panjang, karena orang tidak hanya belajar saat di sekolah, melainkan juga bisa belajar di tempat kerja, dalam berbagai situasi sosial dan bahkan dalam kegiatan sehari – hari. Para psikolog mempelajari hal ini untuk mengetahui bagaimana orang belajar dalam suasana berbeda untuk mengenali pendekatan dan strategi yang dapat membuat proses belajar menjadi lebih efektif. Apa saja ruang lingkup psikologi pendidikan?