Apa Saja Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan?

psikologi pendidikan

Sistem pendidikan pada masa sekarang ini sangat kompleks. Tidak ada metode pendekatan belajar atau gaya tertentu yang cocok dan bisa diterapkan untuk semua orang. Itulah sebabnya para psikolog yang bekerja di bidang pendidikan menfokuskan kepada mengidentifikasi dan mempelajari metode belajar untuk mengerti lebih baik bagaimana seseorang menyerap dan memperoleh suatu informasi baru. Para psikolog pendidikan mengaplikasikan teori perkembangan manusia untuk mendapatkan pengertian mengenai proses belajar individu dan juga menginformasikan proses instruksional.

Interaksi antara murid dan guru di sekolah adalah bagian penting dari proses tersebut, namun begitu bukanlah satu – satunya faktor yang berpengaruh. Belajar adalah suatu proses yang panjang, karena orang tidak hanya belajar saat di sekolah, melainkan juga bisa belajar di tempat kerja, dalam berbagai situasi sosial dan bahkan dalam kegiatan sehari – hari. Para psikolog mempelajari hal ini untuk mengetahui bagaimana orang belajar dalam suasana berbeda untuk mengenali pendekatan dan strategi yang dapat membuat proses belajar menjadi lebih efektif. Apa saja ruang lingkup psikologi pendidikan?

Menurut Crow & Crow, ruang lingkup psikologi pendidikan antara lain adalah :

  • Sejauh mana faktor pembawaan dan lingkungan sekitar mempengaruhi proses belajar.
  • Sifat – sifat dari proses belajar.
  • Adanya hubungan antara tingkat kematangan peserta didik dengan kesiapan belajar.
  • Kekhususan pendidikan terhadap perbedaan yang terdapat pada individual dalam kecepatan dan keterbatasan proses belajar.
  • Apa saja perubahan yang terjadi pada jiwa yang sedang berada dalam proses belajar.
  • Hubungan antara prosedur dalam pembelajaran dan hasil pembelajaran.
  • Teknik yang efektif bagi penilaian terhadap kemajuan proses belajar.
  • Pengaruh yang ditimbulkan dari pendidikan formal yang dibandingkan dengan pengalaman belajar spontan atau insidental serta informal terhadap satu individu.
  • Manfaat dari sikap ilmiah terhadap pendidikan bagi orang – orang yang terlibat dalam dunia pendidikan.
  • Kondisi sosiologis para peserta didik yang dipengaruhi oleh psikologi.