Apa saja Risk Response Strategies dalam Plan Risk Response?

Plan Risk Responses merupakan penentuan cara untuk mengurangi atau menghilangkan ancaman terhadap suatu proyek. Saya ingin bertanya, apa saja Risk Response Strategies dalam Plan Risk Response?

Risk Response Strategies

Ada pilihan strategi untuk merespon ancaman yaitu dengan avoid, mitigate, dan transfer.

  • Avoid, berfokus pada mengubah rencana proyek, mengurangi satu atau lebih tujuan proyek untuk menghindari ancaman.

  • Mitigate, ada beberapa risiko yang tidak bisa dihilangkan, namun dampaknya bisa kita kurangi hal ini disebut mitigasi risiko. Dalam mitigasi risiko kita mengambil tindakan tertentu di awal. Misalnya menambahkan lebih banyak pengujian di area berisiko tinggi, mengurangi kompleksitas komponen, memiliki checklist dalam pengembangan dan lain-lain.

  • Transfer, mentransfer baik itu sebagian atau seluruh risiko ke pihak lain. Contohnya yaitu pembelian asuransi, jaminan dan lainnya. Jika terjadi kecelakaan maka setidaknya kerugian finansial akan ditanggung.

Lalu ada pilihan strategi untuk merespon peluang yaitu dengan exploit, enhance, dan share.

  • Exploit, menambahkan pekerjaan atau mengubah proyek untuk memastikan adanya peluang yang terjadi. Misalnya kita mengambil tabungan yang kita miliki untuk berinvestasi.

  • Enhance, meningkatkan kemungkinan dampak positif dari kejadian risiko.

  • Share, mengalokasikan peluang yang dimiliki kepada pihak ketiga dan mendapatkan beberapa manfaat dari peluang. Misalnya bekerja sama dengan teman yang berinvestasi.

REFERENSI