Apa saja proses yang terdapat dalam Plan Human Resource Management?

Plan Human Resource Management merupakan manajemen penting dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dengan adanya manajemen tersebut, perusahaan mampu menetapkan peran dan tanggung jawab proyek, struktur organisasi proyek, dan rencana manajemen kepegawaian termasuk jadwal untuk akuisisi dan pemberhentian staf.

Lalu apa saja proses yang ada dalam Plan Human Resource Management?

Plan Human Resources Management adalah proses untuk mengidentifikasi dan mendokumentasikan peran proyek, tanggung jawab, keterampilan yang dibutuhkan, melaporkan relasi/hubungan, dan membuat rencana manajemen kepegawaian. Terdapat beberapa proses dalam Plan Human Resources Management, diantaranya:

  1. Input
    Komponen yang ada dalam proses ini meliputi project management plan, activity resources requirements, enterprise environmental factors, dan organizational process assets. Project management plan digunakan untuk mengembangkan Plan Human Resources Management.

    Activity resources requirements digunakan untuk menentukan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk proyek. Enterprise environmental factors meliputi struktur dan budaya organisasi, sumber daya manusia yang sudah ada, dan kebijakan administrasi personal. Organizational process assets terdiri dari proses standar organisasi, kebijakan, dan deskripsi peran, template untuk organization chart dan deskripsi posisi, pelajaran dari proyek sebelumnya, dan prosedur intensifikasi untuk penanganan masalah.

  2. Tools and Techniques
    Proses ini meliputi organization charts and position description, networking, organizational theory, expert judgement, dan meetings. Organization charts and position description berfungsi untuk mendokumentasikan peran dan tanggung jawab anggota tim. Networking adalah interaksi formal dan informal dengan orang lain di dalam organisasi. Organizational theory menyediakan informasi mengenai bagaimana perilaku perorangan, tim, dan organisasi. Expert judgement digunakan dalam mengembangkan Plan Human Resources Management. Meetings memungkinkan anggota tim projek untuk mendapatkan konsensus dalam penerapan Plan Human Resources Management.

  3. Output
    Proses terakhir ini berisi Human Resources Management Plan. Human Resources Management Plan menyediakan panduan mengenai bagaimana projek sumber daya manusia dikelola.

fig9-2

Sumber: