Apa saja proses dari customer research?


Proses penelitian pelanggan
Proses riset pelanggan yang terorganisasi dengan baik menghasilkan hasil yang valid, akurat, dapat diandalkan, tepat waktu, dan lengkap. Hasil riset yang dikumpulkan dengan cermat yang mencerminkan pendapat dan kebutuhan pelanggan akan membantu untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan operasi.
Untuk mendapatkan hasil yang Anda butuhkan, tetapkan dan ikuti proses riset pelanggan yang diakui.

  1. Set objectives
    Pertimbangkan tujuan riset pelanggan dan tentukan serangkaian tujuan yang jelas yang mengidentifikasi apa yang perlu diketahui dan apa yang akan dilakukan dengan informasi tersebut. Pastikan tujuan tidak mengandaikan hasil, dan jadilah pintar tentang pengaturannya:
    a. Specific - nyatakan dengan jelas apa yang ingin Anda capai
    b. Measurable - tetapkan tindakan nyata agar tahu kapan telah mencapai tujuan
    c. Achievable - tetapkan sasaran yang sesuai dengan kapasitas dan anggaran yang ada
    d. Relevant - tentukan tujuan yang akan membantu meningkatkan aspek tertentu dari bisnis yang ada
    e. Time-bound - tentukan gol yang dapat dicapai dalam waktu yang dibutuhkan.

  2. Plan research
    Perencanaan yang baik memungkinkan menggunakan pendekatan kreatif dan logis untuk mengumpulkan informasi. Rencana akan dipengaruhi oleh jenis dan kompleksitas informasi yang dibutuhkan, keterampilan riset pelanggan tim, seberapa cepat membutuhkan informasi dan anggaran.
    Identifikasi daftar pertanyaan dan putuskan metode penelitian yang akan mencapai tujuan dengan baik. Detail pendekatan riset dan berikan beberapa pemikiran awal tentang bagaimana akan menyusun dan menganalisis data.

  3. Collect and collate findings
    Buat daftar langkah-langkah penelitian, kebutuhan data dan metode pengumpulan. Ini akan membantu untuk melacak proses riset dan memahami temuan. Ini juga akan memungkinkan untuk memeriksa bahwa penelitian yang dilakukan secara akurat mencerminkan pendapat pelanggan dan pasar. Buat tabel untuk mencatat:
    a. kegiatan penelitian konsumen
    b. data yang dibutuhkan
    c. metode pengumpulan data
    d. langkah-langkah analisis data
    Penelitian hanya berharga dan bermanfaat ketika valid, akurat, dan andal. Mengandalkan penelitian yang salah itu berbahaya. Hal ini dapat membuat berisiko mendasarkan keputusan penting pada temuan yang salah dan menyebabkan kerugian pelanggan dan penurunan penjualan.
    Untuk memastikan data adalah:
    valid - baik didirikan, logis, ketat, suara dan tidak bias
    accurate - bebas dari kesalahan dan menyertakan detail yang diperlukan
    reliable - dapat direproduksi oleh orang lain yang meneliti dengan cara yang sama
    timely - saat ini dan dikumpulkan dalam jangka waktu yang tepat
    complete - semua data yang dibutuhkan untuk mendukung keputusan bisnis.

  4. Analyse and understand research
    Analisis data dapat berkisar dari langkah sederhana, langsung ke proses teknis dan kompleks. Ambil pendekatan akal sehat, dan pilih metode analisis data berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.

  5. List and group information
    Pilih spreadsheet yang memungkinkan untuk memasukkan data dengan mudah. Jika tidak memiliki banyak data, harus dapat mengelolanya menggunakan alat spreadsheet dasar yang tersedia dalam perangkat lunak perkantoran standar. Jika telah mengumpulkan data yang lebih komprehensif dan kompleks, mungkin perlu mempertimbangkan menggunakan program khusus untuk mengelolanya, seperti sistem basis data atau program manajemen hubungan pelanggan (CRM).
    Pilih struktur sederhana untuk mencatat data - misalnya, tabel yang memungkinkan untuk membuat daftar pertanyaan survei secara vertikal dalam tabel dan mencatat tanggapan sebagai angka yang dikategorikan berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan, atau faktor lain yang penting bagi.

  6. Review and interpret information to draw conclusions
    Setelah mengumpulkan semua data, dapat memindai informasi dan menafsirkannya untuk menarik kesimpulan dan membuat keputusan. Review data dan kemudian:
    a. mengidentifikasi tren dan tema utama, masalah, peluang, dan masalah yang Anda amati, dan tuliskan kalimat tentang masing-masing
    b. catat seberapa sering setiap temuan utama muncul
    c. daftar temuan dalam urutan yang paling umum hingga yang paling tidak umum
    d. menilai dan secara terpisah daftar kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang telah diidentifikasi dalam analisis SWOT.

  7. Develop conclusions and recommendations about research
    Sebelum membuat kesimpulan tentang riset, tinjau kembali tujuan penelitian. Pertimbangkan apakah proses yang diselesaikan dan data yang dikumpulkan membantu menjawab pertanyaan ya ditanyakan. Tinjau temuan dan berdasarkan apa yang diketahui:
    a. pilih beberapa strategi yang akan membantu meningkatkan bisnis
    b. bertindak atas strategi
    c. mencari celah dalam informasi, dan pertimbangkan penelitian lebih lanjut jika perlu
    d. rencanakan untuk meninjau hasil penelitian, dan pertimbangkan seberapa efektif strategi yang dilakukan.

Referensi

Planning and conducting market and customer research | Business Queensland