Apa saja program yang sudah dijalankan pemerintah untuk mencapai ketahanan pangan yang sekiranya berjalan baik?

BST-Kemensos-620x330

Menurut kaka, apa saja program pemerintah yang sukses dalam menjaga ketahanan pangan nasional?
Terima kasih ka

Mencoba menjawab yah, menurut ku sudah banyak upaya yang telah dilakukan pemerintah dengan beberapa aspek yang telah dituangkan dalam program pemerintah seperti, meningkatkan produktivitas sumber daya hewani dan nabati sebagai sumber pangan, Mencegah masuk dan keluarnya pangan dan pakan yang mengandung bahan berbahaya, dan Mengoptimalkan pembangunan di bidang pertanian dan kesejahteraan keluarga petani. Dan masih banyak lagi. bentuk programnya seperti bantuan sosial kepada masyarakat maupun bantuan kepada petani dalam meningkatkan produktivitas hasil panen nya.

Program diversifikasi merupakan upaya yang sangat penting dalam mencapai ketahanan pangan. Diversifikasi produk pangan berperan untuk mendorong upaya pemerintah dalam pengakenaragaman pangan guna mendukung ketahanan pangan. Selain itu, diversifikasi pangan juga berperan untuk meningkatkan pendapatan petani dan mengurangi risiko usahatani (Prabowo, 2010). Terdapat dua macam diversifikasi yang dapat dikembangkan guna mendukung ketahanan pangan, antara lain:

1. Diversfikasi Horizontal

Diversifikasi horizontal merupakan upaya untuk mengembangkan usahatani komoditas unggulan dan komoditas lainnya sebagai pelengkap usahatani. Upaya ini berperan dalam pengoptimalan pemanfaatan sumberdaya pertanian seperti sumberdaya alam, tenaga kerja, teknologi, dan modal. Contohnya seperti mengembangkan usahatani cabai merah sebagai komoditas dengan nilai ekonomi tinggi dan tanaman pangan seperti ubi jalar dan lain sebagainya.

2. Diversifikasi Regional

Diversifikasi regional merupakan upaya untuk mengembangkan komoditas unggulan dengan spesifikasi lokasi menurut kesesuaian kondisi lahannya. Melalui diversifikasi regional, maka akan mendorong pengembangan sentra produksi pertanian di berbagai kawasan. Selain itu, program ini juga akan mendorong pengembangan perdagangan produk pertanian antar wilayah. Contohnya adalah mendorong pengembangan usahatani bawang merah di Brebes sebagai salah satu sentra produksi bawang merah, Kalimantan sebagai sentra produksi jeruk Pontianak, Riau sebagai sentra produksi kelapa sawit, dan sebagainya.

Guna mendukung berjalannya program diversifikasi pangan, maka upaya-upaya dalam program intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian perlu ditingkatkan (Supriadi, 2008).

Referensi

Prabowo, Rossi. (2010). Kebijakan Pemerintah dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan di Indonesia. MEDIAGRO. 6(2): 62-73.
Supriadi, Herman. (2008). Strategi Kebijakan Pembangunan Pertanian di Papua Barat. *Analisis Kebijakan Pertanian. 6(4): 352-377.