Apa saja prasyarat good governance?

gambar
Tahukah kamu apa saja prasyarat good governance?

a) Adanya tipe kekpemimpinan yang baru.
b) Adanya kekuatan dari civil society.
c) Kemampuan tehknik dan manajemen.
d) Terbukanya ruang partisipasi.
e) Moral dan budaya demokrasi.

Keberhasilan penerapan Good Corporate Governance juga memiliki prasyarat tersendiri. Menurut (Daniri 2006) terdapat dua faktor yang memegang peranan, antara lain:

1. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah beberapa faktor yang berasal dari luar perusahaan yang sangat mempengaruhi keberhasilan penerapan good corporate governance, diantaranya:

  1. Terdapatnya sistem hukum yang baik sehingga mampu menjamin berlakunya supremasi hukum yang konsisten dan efektif.

  2. Dukungan pelaksanaan good corporate governance dari sektor publik atau lembaga pemerintahan yang diharapkan dapat pula melaksanakan good governance dan clean governance yang sebenarnya.

  3. Terdapatnya contoh pelaksanaan good corporate governance atau acuan yang tepat sehingga bisa menjadi standar pelaksanaan good corporate governance yang efektif dan professional.

  4. Terbangunnya sistem tata nilai sosial yang mendukung penerapan good corporate governance di masyarakat dengan adanya partisipasi aktif dalam berbagai kalangan masyarakat.

  5. Semangat anti korupsi yang berkembang di lingkungan publik dimana perusahaan beroperasi disertai perbaikan masalah kualitas pendidikan dan perluasan peluang kerja.

2. Faktor Internal

Faktor internal adalah pendorong keberhasilan pelaksanan praktek Good Corporate Governance yang berasal dari dalam perusahaan. Beberapa faktor yang dimaksud antara lain:

  1. Terdapatnya budaya perusahaan yang mendukung penerapan good corporate governance dalam mekanisme serta sistem kerja manajemen di perusahaan.

  2. Berbagai peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan perusahaan mengacu pada penerapan nilai-nilai good corporate governance.

  3. Manajemen pengendalian risiko perusahaan yang sesuai dengan kaidah-kaidah standar good corporate governance.

  4. Terdapatnya sistem audit yang efektif dalam perusahaan untuk menghindari setiap penyimpangan yang mungkin akan terjadi.

  5. Adanya keterbukaan informasi bagi publik untuk mampu memahami setiap perkembangan dan dinamika manajemen dalam perusahaan.