Apa saja permasalahan ekonomi modern untuk peningkatan bisnis?

bisnis
Masalah ekonomi yang dihadapi manusia sangatlah banyak dan beragam. Masalah ekonomi muncul karena pertemuan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas melawan sumber daya yang terbatas sehingga menimbulkan masalah.

Masalah yang sangat banyak dan beragam dalam ekonomi, menurut aliran modern dapat dikelompokan menjadi tiga masalah pokok, yaitu :

  1. Apa yang akan diproduksi (What)?
    Penentuan apa yang akan diproduksi merupakan masalah pokok dan penting dalam ekonomi. Karena, selain jumlah sumber daya yang terbatas, kesalahan penentuan apa yang akan diproduksi bisa mengakibatkan kerugian, bahkan kebangkrutan bagi produsen, serta dapat pula merugikan masyarakat karena adanya barang dan jasa yang menumpuk dan tidak terpakai. Ini merupakan pemborosan sumber daya.

  2. Bagaimana cara memproduksi (How)?
    Apabila produsen sudah menentukan apa yang akan diproduksi, langkah berikutnya adalah memikirkan bagaimana cara memproduksinya. Cara memproduksi sangat berkaitan dengan cara mengombinasikan sumber daya atau faktor produksi yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dan jasa. Untuk menentukan cara produksi mana yang sesuai, produsen perlu mempertimbangkan aspek efisiensi atau penghematan. Pilihlah cara produksi yang paling sedikit membutuhkan biaya agar barang dan jasa yang dihasilkan bisa dijual dengan harga relatif murah.

  3. Untuk siapa barang/jasa diproduksi (Whom)?
    Hal ini berkaitan dengan cara mendistribusikan barang atau jasa ke dalam pasar, dengan kata lain siapa yang membutuhkan barang tersebut dan siapa saja yang menikmati hasilnya.