Apa saja perlengkapan photography bagi pemula?

perlengkapan photography

Berkembangnya photography memberi dampak yang positif bagi orang-orang yang berminat atau memiliki hobby photography. Banyak orang kemudian belajar secara otodidak (belajar sendiri, mengulik sendiri, mencari info sendiri, dan mempraktekkannya sendiri). Lalu apa saja sperlengkapan photography bagi pemula?

2 Likes

  1. Kamera SLR (Single Lens Refleks), kamera ini modal awal bagi Anda untuk menjadi fotografer. Bisa kamera analog, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan kamera digital.

  2. Lensa, alat yang satu ini juga tidak kalah pentingnya dan merupakan alat wajib yang perlu Anda miliki, sebab lensa inilah yang mendukung pemotretan nantinya, terutama jika kita melakukan pemotretan ditempat yang luas, lensa akan sangat membantu kita.

  3. Flash, yang biasa kita kenal dengan blitz juga perlu dimiliki. Blitz diperlukan jika kita memotret ditempat yang minim pencahayaan. Sehingga jika kita menginginkan hasilnya cerah sementara tempat tidak mendukung pencahayaannya, saat itu kita akan memerlukan blitz untuk dipergunakan.

  4. Tripod, alat penopang yang akan membantu kita agar objek yang akan kita ambil bisa stabil.

  5. Light meter, alat untuk membantu mengukur seberapa banyak cahaya yang kita perlukan, sehingga kita dapat menyiapkan karakter cahaya bantuannya jika diperlukan

  6. Filter, alat ini dapat digunakan sebagai pelindung lensa, filter UV atau skylight biasanya dapat melindungi lensa dari kotoran-kotoran atau percikan air. Hal tersebut untuk memanipulasi hasil pemotretan. Ada juga filter yang digunakan untuk memodifikasi objek yang kita mau. Efek tersebut bisa berupa blur, warna biru, merah, soft, atau kombinasi dari beberap efek itu.

Referensi

http://www.anneahira.com/perlengkapan-fotografi.htm

Perlengkapan Fotografi Bagi Pemula:

  1. Kamera
    Kamera yang bagus seperti perpanjangan lengan Anda. Itu harus mudah digunakan, membuatnya semudah mungkin untuk menangkap foto yang ada dalam pikiran Anda. Jadi, kamera apa yang harus Anda dapatkan?

    Tempat terbaik untuk memulai bagi banyak fotografer adalah dengan kamera entry-level DSLR atau mirrorless. Perbedaan antara kedua jenis kamera ini adalah bahwa DSLR memiliki cermin internal, yang memantulkan cahaya langsung dari lensa ke jendela bidik optik, sehingga Anda dapat melihat dengan tepat apa yang dilihat lensa. Kamera mirrorless tidak memiliki fitur ini, yang memungkinkan mereka menjadi lebih kecil dan lebih ringan. Harga pasar DSLR entry-level baru atau kamera tanpa cermin cenderung berada di kisaran 300 hingga 700, tidak termasuk lensa atau aksesori.

    Beberapa DSLR entry-level yang populer termasuk seri Canon Rebel, Nikon D3400, dan Nikon D5600. Jangan tertipu oleh istilah “entry-level.” Ini adalah kamera luar biasa yang sangat kami rekomendasikan untuk fotografer pemula dan yang sama. Di sisi tanpa cermin, Anda memiliki lebih banyak pilihan, termasuk kamera populer dari Canon, Nikon, Sony, Fuji, Olympus, dan Panasonic.

    Jika kamera ini di luar anggaran Anda, Anda bisa mendapatkan diskon besar dengan membeli model yang sedikit lebih tua dari jajaran yang sama - misalnya, Canon Rebel yang lebih tua, atau Nikon D3200 atau D5200. Anda juga bisa membeli bekas. Di sisi lain, untuk harga yang lebih tinggi, Anda dapat menemukan peralatan yang lebih canggih dan khusus. Bagaimanapun, semua ini adalah kamera yang sangat mampu. Lakukan riset, pilih satu, dan jangan sedih atas keputusan itu, karena setiap opsi di pasar saat ini cukup baik. (Tetapi jika Anda membutuhkan tempat untuk memulai, lihat ulasan kamera kami.)

    Terakhir, tidak ada yang salah dengan menggunakan kamera yang sudah Anda miliki, meskipun itu kamera ponsel cerdas atau point-and-shoot. Anda dapat mengambil foto yang luar biasa dengan peralatan apa pun, asalkan Anda tahu batasnya. Selalu ada waktu untuk meningkatkan di masa mendatang, dan tidak perlu terburu-buru membeli sekarang jika Anda belum menemukan yang tepat.

  2. Lensa
    Seiring dengan kamera, satu-satunya peralatan paling penting untuk fotografi adalah lensa. Dalam beberapa hal, lensa bahkan lebih penting daripada kamera itu sendiri, karena lensa inilah yang sebenarnya memfokuskan cahaya untuk mencapai sensor kamera Anda.

    Kamera tertentu (termasuk semua DSLR dan kamera tanpa cermin yang dibahas di atas) memungkinkan Anda untuk mengganti lensa Anda. Mereka disebut “kamera lensa yang dapat dipertukarkan.” Anda dapat menukar lensa potret dengan lensa olahraga besar dan mahal, menggunakan kamera yang sama. Ini adalah manfaat utama, membuat sistem Anda jauh lebih fleksibel untuk berbagai jenis fotografi.

    Lensa apa yang harus Anda dapatkan? Beberapa fotografer menggunakan lensa kit yang dibundel dengan banyak kamera. Fotografer lain membeli kamera dan lensa mereka secara terpisah. Either way, Anda pasti perlu membeli lensa pada akhirnya, dengan satu atau lain cara. Ada dua (dan mungkin tiga) yang kami rekomendasikan sebagai permulaan.

  3. Tas Kamera
    Tidak seperti kamera atau lensa, tas kamera mudah. Memilih yang bagus kebanyakan masuk akal - jika sebuah tas nyaman, dan itu cocok dengan peralatan Anda, lakukanlah. Namun, Anda harus memilih yang baik dari awal. Tas yang ideal tergantung pada jenis fotografi yang ingin Anda lakukan.

  4. Kartu Memori
    Item selanjutnya adalah kartu memori. Kartu memori menyimpan foto dan memungkinkan Anda mentransfernya dari kamera ke komputer Anda. Mereka adalah peralatan penting untuk setiap fotografer. Beberapa kamera bahkan menyertakan kartu memori saat dikirimkan.

    Alasan pertama untuk mendapatkan kartu memori yang baik adalah penyimpanan. Anda akan menginginkan kartu yang dapat menampung banyak foto - idealnya lebih dari 1000 foto dari kamera Anda, jika tidak lebih. Dapatkan kartu memori yang setidaknya 16 gigabytes, dan idealnya 32 GB, 64 GB, dan sebagainya. Ini sangat penting untuk fotografi satwa liar, olahraga, dan perjalanan, di mana Anda akan mengambil banyak foto. Di Fotografi Life, kami bertahan dengan kartu 64 GB atau lebih besar.

  5. Tripod
    Tripod sangat berharga bagi banyak fotografer, meskipun kepentingannya tergantung pada subjek yang Anda foto. Secara pribadi, sebagai seseorang yang terutama berfokus pada fotografi lanskap, tripod saya seperti perpanjangan kamera saya. Saya hampir selalu menggunakannya. Tetapi orang lain - fotografer potret, fotografer pernikahan, atau fotografer jalanan - mungkin tidak sering menggunakan tripod.

  6. Filters
    Filter langsung di depan lensa Anda (atau, lebih jarang, di belakang lensa Anda), yang mengubah cahaya yang ditangkap kamera Anda. Mereka adalah bagian penting dari fotografi, meskipun Anda mungkin tidak memerlukan filter sebanyak yang Anda pikirkan. Ada empat jenis filter utama yang relevan dalam fotografi digital. Namun, Anda mungkin hanya membutuhkan satu atau dua dari mereka, atau tidak sama sekali.

  7. Flash
    Untuk banyak jenis fotografi, flash sangat penting. Penting jika Anda ingin memotret orang di lingkungan yang gelap, atau jika Anda ingin membentuk dan membentuk cahaya yang menyinari subjek Anda. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mencerahkan bayangan gelap, bahkan di siang hari.

    Banyak kamera sudah memiliki flash pop-up, dan Anda juga dapat membeli flash terpisah yang lebih kuat dengan biaya tambahan. Beberapa fotografer (seperti fotografer lanskap atau arsitektur) mungkin tidak menginginkan flash sama sekali. Yang lain (seperti fotografer potret) dapat menganggapnya penting.

    Jika Anda tertarik pada fotografi flash tingkat lanjut, pertimbangkan untuk mendapatkan flash yang dapat berfungsi tanpa terpasang ke kamera Anda. Jika tidak, yang Anda perlukan untuk memulai mungkin hanya flash yang miring ke atas dan ke bawah, atau bahkan flash pop-up yang sudah ada di dalam kamera Anda.

  8. Ekstra Baterai
    Setiap kali Anda membeli kamera, itu akan dikirim dengan baterai dan pengisi daya. Meski begitu, itu mungkin tidak cukup. Secara pribadi, saya memiliki enam baterai dan tiga pengisi daya, karena saya melakukan perjalanan panjang dalam cuaca dingin, di mana baterai mati dengan cepat. Fotografer lain bahkan lebih. Tidak pernah layak kehilangan foto yang bagus karena baterai Anda mati, apa pun alasannya. Jadi, dapatkan setidaknya satu baterai cadangan dan lebih banyak lagi jika Anda merasa bahwa keduanya tidak cukup.

  9. Perangkat Lunak Pasca Pemrosesan
    Untuk mengedit foto Anda, Anda memerlukan semacam perangkat lunak pasca-pemrosesan. Sebagian besar fotografer akhirnya akan mengedit foto mereka, seringkali secara signifikan. Namun, perangkat lunak gratis yang menyertai kamera atau komputer Anda mungkin tidak memiliki cukup fitur.

  10. Peralatan Monitor dan Kalibrasi
    Sangat penting bahwa warna yang Anda lihat di monitor komputer Anda benar-benar mencerminkan warna yang Anda ambil dengan kamera Anda, setidaknya pada tingkat yang luas. Kalau tidak, pengeditan yang Anda lakukan pada foto akan cacat mendasar.

  11. Aksesoris lainnya
    Seiring dengan semua peralatan kamera yang diperlukan ini, ada beberapa aksesoris penting tambahan untuk dipertimbangkan di sepanjang jalan.

Referensi

https://photographylife.com/camera-equipment-for-beginners