© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja perilaku kesehatan seseorang?

perilaku

Perilaku adalah respon individu terhadap suatu stimulus atau suatu tindakan yang dapat diamati dan mempunyai frekuensi spesifik, durasi dan tujuan baik disadari maupun tidak. Apa saja perilaku yang dapat menimbulkan dampak kesehatan pada seseorang?

Perilaku kesehatan


Perilaku merupakan kumpulan berbagai faktor yang saling berinteraksi. Ada perilaku-perilaku yang disengaja atau tidak sengaja membawa manfaat bagi kesehatan individu atau kelompok kemasyarakatan sebaliknya ada yang disengaja atau tidak disengaja berdampak merugikan kesehatan. Berikut ini perilaku kesehatan seseorang :

  1. Perilaku sadar yang menguntungkan kesehatan.
    Mencakup perilaku perilaku yang secara sadar oleh seseorang yang berdampak menguntungkan kesehatan. Perilaku tersebut berhubungan dengan kegiatan-kegiatan pencegahan penyakit serta penyembuhan dari penyakit yang dijalankan dengan sengaja atas dasar pengetahuan dan kepercayaan bagi diri yang bersangkutan, atau orang-orang lain, atau suatu kelompok sosial

  2. Perilaku sadar yang merugikan kesehatan.
    Perilaku sadar yang dijalankan secara sadar atau diketahui tetapi tidak menguntungkan kesehatan terdapat pula dikalangan orang berpendidikan atau profesional, atau secara umum pada masyarakat-masyarakat yang sudah maju. Kebiasaan personal hygien , pengabaian pola makanan sehat sesuai dengan kondisi biomedis, pencemaran lingkungan, dan sebagainya

  3. Perilaku tidak sadar yang merugikan kesehatan.
    Perilaku ini paling banyak dipelajari, terutama karena penanggulangannya merupakan salah satu tujuan utama berbagai program pembangunan kesehatan masyarakat, misalnya pencegahan penyakit dan promosi kesehatan.

  4. Perilaku tidak sadar yang menguntungkan kesehatan.
    Perilaku ini menunjukkan bahwa tanpa dasar pengetahuan manfaat biomedis umum yang terkait, seseorang atau sekelompok orang dapat menjalankan kegiatan-kegiatan tertentu yang secara langsung atau tidak langsung memberi dampak positif terhadap derajat kesehatan mereka.

Perilaku kesehatan mencakup :

  1. Perilaku seseorang terhadap sakit dan penyakit yaitu bagaimana manusia berespons, baik secara pasif (mengetahui, bersikap dan mempersepsikan penyakit atau rasa sakit yang ada pada dirinya dan di luar dirinya, maupun aktif (tindakan/praktik) yang dilakukan sehubungan dengan penyakit atau sakit tersebut.

    Perilaku terhadap sakit dan penyakit ini dengan sendirinya sesuai dengan tingkat- tingkat pencegahan penyakit, yakni :

    • Perilaku sehubungan dengan peningkatan dan pemeliharaan kesehatan.

    • Perilaku pencegahan penyakit (health prevention behavior), adalah respon untuk melakukan pencegahan penyakit, misalnya imunnisasi, peningkatan personal hygien. Termasuk perilaku untuk tidak menularkan penyakit kepada orang lain.

    • Perilaku sehubungan dengan pencarian pengobatan (health seeking behavior), yaitu perilaku untuk melakukan atau mencari pengobatan.

    • Perilaku sehubungan dengan pemulihan kesehatan (health rehabilitation behavior) yaitu perilaku yang berhubungan dengan usaha-usaha pemulihan kesehatan setelah sembuh dari suatu penyakit.

  2. Perilaku terhadap sistem pelayanan kesehatan adalah respons seseorang terhadap sistem pelayanan kesehatan baik sistem pelayanan kesehatan modern maupun tradisional. Perilaku ini menyangkut respons terhadap fasilitas pelayanan, cara pelayanan, petugas kesehatan dan obat-obatannya, yang terwujud dalam pengetahuan, persepsi, sikap dan penggunaan fasilitas, petugas dan obat-obatan.

  3. Perilaku terhadap makanan (nutrition behavior) yakni respon seseorang terhadap makanan sebagai kebutuhan vital bagi kehidupan. Perilaku ini meliputi pengetahuan, persepsi, sikap dan praktik terhadap kebiasaan makan, pengelolaan makanan.

  4. Perilaku terhadap lingkungan kesehatan (environmental health behavior) adalah respon seseorang terhadap lingkungan sebagai determinan kesehatan manusia. Lingkup perilaku ini seluas lingkup kesehatan lingkungan itu sendiri. Perilaku ini antara lain mencakup :

    • Perilaku sehubungan dengan air bersih, termasuk didalamnya komponen, manfaat, dan penggunaan air bersih untuk kepentingan kesehatan.

    • Perilaku sehubungan dengan pembuangan air kotor, yang menyangkut segi-segi hygien, pemeliharaan tenik, dan penggunaannya.

    • Perilaku sehubungan dengan limbah, baik limbah padat maupun limbah cair. Termasuk di dalamnya sistem pembuangan sampah dan air limbah yang sehat serta dampak pembuangan limbah yang tidak baik.

    • Perilaku sehubungan dengan rumah yang sehat, yang meliputi jamban sehat, sanitasi, dan sebagainya.

Oleh sebab itu indikator praktik kesehatan mencakup hal-hal sebagai berikut :

  1. Tindakan (praktik) sehubungan dengan penyakit. Tindakan ini mencakup :

    • Pencegahan penyakit, seperti imunisasi.
    • Penyembuhan penyakit, seperti ; minum obat, berobat ke pelayanan kesehatan.
  2. Tindakan (praktik) pemeliharaan dan peningkatan kesehatan.
    Tindakan ini mencakup antara lain ; melakukan olahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, dan sebagainya.

  3. Tindakan (praktik) kesehatan lingkungan.
    Tindakan ini antara lain mencakup ; buang air besar di WC, membuang sampah di tempat sampah, menggunakan air bersih untuk mandi, cuci, masak, dan sebagainya.

3 Likes