Apa saja perbedaan ibadah umroh dengan haji ?

umrah
haji

(Anita Putri Novitasari) #1

Umroh dan Haji merupakan salah satu ibadah umat islam. Umroh dan haji seringkali dikaitkan karena memiliki kemiripan. Apa saja perbedaan ibadah umroh dengan haji ?


(Anita Putri N) #2

Terdapat bebrapa perbedaan antara Haji dan Umroh, yaitu:

1. Perbedaan Hukum

Haji merupakan salah satu dari 5 rukun islam. Semua umat islam yang mampu secara fisik dan finansial wajib untuk melaksanakannya seumur hidup sekali. Adapun hukum umroh adalah sunnah muakad atau sunnah yang diutamakan.

2. Perbedaan Tempat

Keduanya memang dilaksanakan di Makkah AL Mukarromah, akan tetapi pada ibadah haji seseorang juga harus menunaikan rukun yang dilakukan di luar Makkah. Rukun haji yang dilakukan di luar kota Makkah adalah wukuf di Arafah, menginap (mabit) di Muzdhalifah, dan melempar jumroh (batu kecil) di Mina.

3. Perbedaan Waktu

Umroh dapat dilaksanakan kapan saja. Sewaktu-waktu ingin melaksanakannya, kita bisa, kecuali pada 4 hari yang antara lain hari Arafah (9 Djulhijah), hari Nahar (10 Djulhijah), dan hari Tasyrik (11, 12, 13 Djulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah haji. Ibadah haji hanyalah bisa ditunaikan pada bulan Djulhijah (bulan Haji) saja, tepatnya pada tanggal 9 hingga 11 Djulhijah.

4. Perbedaan Rukun dan Tata Cara Pelaksanaannya

Saat umroh, seseorang menunaikan rukun yang antara lain Ihram, Tawaf, Sya’i, dan Tahalul. Adapun saat haji, semua rukun umroh tersebut dilakukan dengan penambahan 3 rukun lainnya yaitu wukuf di Arafah, menginap (mabit) di Muzdhalifah, dan melempar jumroh (batu kecil) di Mina.

5.Perbedaan Tingkat Keramaian

Ibadah umroh bisa ditunaikan kapan saja, maka tingkat keramaian orang yang menunaikan ibadah ini terbilang sangat rendah. Kita tak perlu berdesak-desakan saat menunaikan setiap rukun pelaksanaan ibadah umroh. Hal ini berbeda dengan ibadah haji. Ibadah haji hanya dapat ditunaikan 1 kali saja selama 1 tahun. Sedangkan semua umat Muslim di dunia ingin menunaikannya secara bersama-sama. Mereka menuju Makkah dan akhirnya tumpah ruah berkumpul di sana dan menyebabkan tingkat keramaian yang luar biasa tinggi.

6. Perbedaan Makna

Haji merupakan salah satu dari rukun islam yang ke 5 dalam ajaran islam yang mana hukum dari ibadah ini adalah wajib bagi orang yang memiliki kemampuan untuk mengerjakannya dari segala sisi baik fisik maupun finansialnya. Umroh merupakan suatu ibadah yang hampir sama dengan ibadah haji namun memiliki hukum yang tidak wajib atau bisa dibilang sunnah untuk dikerjakan. Dan Ibadah umroh juga dapat dikerjakan setiap hari, kecuali di hari yang diselenggarakannya Ibadah haji.