Apa saja peranan manajemen distribusi dalam supply chain management?

Peranan Manajemen Distribusi dalam supply chain management

Menurut Williem sahaya supply chain management adalah suatu konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas seluruh perusahaan yang tergabung dalam rantai pasok melalui optimalisasi kualitas dan waktu.

Apa saja Peranan Manajemen Distribusi dalam supply chain management ?

Para ahli banyak memberikan pengertian tentang supply chain management (SCM) atau management rantai pasokan. Yang selanjutnya akan penulis singkat dengan SCM. Di antaranya adalah menurut Ling Li bahwa supply chain management adalah proses perencanaan, penerapan dan pengendalian operasi dari rantai pasokan dengan tujuan untuk mencakupi kebutuhan pelanggan seefisien mungkin. Manajemen rantai pasokan mencakup semua perangkap dan gudang penyimpanan dari bahan baku, persediaan barang dalam pengolahan, dan barang sejak jadi titik produksi ke titik konsumsi.

Menurut dewan professional manajemen rantai pasokan yang merupakan asosiasi professional yang mengembangkan definisi pada tahun 2004 bahwa manajemen rantai pasokan meliputi perencanaan dan manajemen dari semua aktivitas yang dilibatkan dalam sumber dan pengadaan, konversi dan semua aktivitas manajemen logistik. Hal yang terpenting ialah SCM juga meliputi kolaborasi dan koordinasi dengan mitra saluran yang mana dapat berupa penyaluran, para perantara, pihak ketiga selaku penyedia jasa, dan pelanggan. intinya adalah manajemen rantai pasokan mengintegrasikan permintaan dan penawaran manajemen di dalam dan diantara perusahaan.

Menurut Thomas Sumarsan, supply chain management atau rantai pemasok adalah sekumpulan aktivitas dalam bentuk entitas/fasilitas yang terlibat dalam proses produksi dan distribusi barang mulai dari bahan baku sampai produk jadi sampai ke tangan konsumen akhir. Proses tersebut terdiri dari perusahaan yang mengangkat bahan baku dari alam, pabrik yang memproduksi bahan baku menjadi bahan yang setengah jadi, pabrik yang memproduksi barang setengah jadi menjadi barang jadi dan mendistribusikan barang jadi ke konsumen akhir.

Menurut Amin Widjaja Tunggal manajemen rantai pasokan ( supply chain management ) adalah integrasi aktivitas pengadaan barang dan pelayanan, pengubahan menjadi barang setengah jadi dan produksi akhir, serta pengiriman kepelanggan. Seluruh aktivitas ini mencangkup pembelian dan pengalihdayaan serta ditambah fungsi lain yang penting bagi hubungan antara pemasok dan distributor.

Menurut Williem sahaya supply chain management adalah suatu konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas seluruh perusahaan yang tergabung dalam rantai pasok melalui optimalisasi kualitas dan waktu. yang merupakan fungsi bisnis yang vital untuk mengkoordinasi pengelolaan aliran barang dan merupakan kunci kompetisi.

Supply chain management (manajemen rantai pasokan) adalah integrasi aktivitas pengadaan bahan dan pelayanan, pengubahan menjadi barang setengah jadi dan produk akhir, serta pengiriman ke pelanggan. Simichi-Levi et al menyatakan manajemen rantai pasok sebagai sebuah pendekatan yang diterapkan untuk menyatukan pemasok, pengusaha, gudang, dan tempat penyimpanan lainnya. (distributor, retailer, dan pengecer) secara efisien, sehingga produk dapat dihasilkan dan didistribusikan dengan jumlah yang tepat. Lokasi yang tepat dan waktu yang tepat untuk menurunkan biaya dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Defenisi tersebut didasarkan atas beberapa hal :

  • Manajemen rantai pasokan perlu mempertimbangkan bahwa semua kegiatan mulai dari pemasok, manufaktur, gudang, distributor, retailer, sampai ke pengecer berdampak pada biaya produk yang di produksi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • Tujuan dan manajemen rantai pasokan adalah agar total biaya dari semua bagian, mulai dari transortasidan distribusi persediaan bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi menjadi lebih efektif dan efisien sehingga mengurangi biaya.
  • Manajemen rantai pasokan berputar pada integrasi yang efisien dari pemasok, manufaktur, gudang, distributor, retailer, dan pengecer yang mencakup semua aktivitas perusahaan, mulai dari tingkat strategis sampai tingkat taktik operasional.

Pada supply chain biasanya ada tiga macam aliran yang harus dikelola:

  • Aliran barang atau material yang mengalir dari hulu ke hilir
  • Aliran uang atau financial yang mengalir dari hilir ke hulu
  • Aliran informasi yang mengalir dari hulu ke hilir atau sebaliknya.

Peranan Manajemen Distribusi dalam supply chain management (SCM)


Distribusi adalah suatau proses penyampaian barang jadi dari produsen ke konsumen atau pemakai pada saat dibutuhkan. Fungsi manajemen distribusi adalah :

  • Melakukan segmentasi pasar.
  • Menentukan transportasi yang tepat.
  • Konsolidasi sistem informasi dan pelaksanaan pengiriman.
  • Menjadwalkan dan rute pengiriman.
  • Mengelola persediaan barang jadi.
  • Menangani pengembalian barang ( return ).
  • Menentukan target tingkat pelayanan ( service later ).

Model distribusi produk yaitu :

1 . Pengiriman Langsung (Drop Shipping)

Pada model distribusi produk ini, peran distributor dan retailer digantikan oleh sarana virtual seperti internet, sehingga transaksi dan pengiriman dilaksanakan secara langsung. Produsen menggunakan cara ini untuk menekan biaya distribusi dan tidak perlu ada persediaan barang sehingga mengurangi biaya persediaan.

2 . Pengiriman produk melalui transit

Model distribusi ini melibatkan adanya fasilitas transit yang dikelola oleh distributor atau retailer. Beberapa produk jadi merupakan perakitan atas komponen yang berasal dari beberapa produsen.

3 . Distribusi produk melalui distributor

Model distributor produk dimana produsen menunjuk distributor untuk menyerahkan produk ke konsumen. Distributor melakukan kegiatan komersial atas dasar hak yang diperoleh dari produsen.

4 . Distribusi melalui desentralisasi

Model distribusi produk, dimana produsen menempatkan distributor secara terpisah di setiap daerah distribusi sesuai segmentasi pasar dengan tujuan untuk mendekatkan produk ke konsumen untuk meningkatkan layanan kepada konsumen dan menghindari kehabisan persediaan.

5 . Pengambilan langsung oleh konsumen

Model distribusi dimana konsumen mengambil barang secara langsung ke produsen atau disuatu tempat yang ditentukan. Penyerahan barang dilaksanakan berdasarkan sistem cross docking yaitu truck to truck melalui gudang