Apa saja peran seorang pemimpin didalam Organisasi ?

Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki superioritas tertentu, sehingga dia memiliki kewibawaan dan kekuasaan untuk menggerakan orang lain melakukan usaha bersama guna mencapai sasaran tertentu.

Apa saja peran seorang pemimpin didalam Organisasi ?

Menurut Oemar Hamalik (2005:166) terdapat lima peran pemimpin didalam organisasi yang dipimpinnya. Peran-peran tersebut meliputi :

Peran sebagai katalisator

Seorang pemimpin harus menumbuhkan pemahaman dan kesadaran orang-orang yang dipimpinannya, agar tindakan yang dilakukan dapat bermanfaat untuk kepentingan semua anggota organisasi. Para anggota merasa bahwa hasil kerja pimpinannya tidak semata-mata menguntungkan dirinya, tetapi menguntungkan semua anggota organisasi secara keseluruhan. Maka pemimpin harus melaksanakan tugas :

  1. Melakukan identifikasi masalah yang dihadapi oleh kelompok, baik masalah intern maupun masalah ekstern. Sebagai contoh masalah intern adalah masalah yang ada didalam organisasi seperti sistem komunikasi, sistem kepemimpinan, sistem pengambilan keputusan dan lain-lain, sedangkan masalah ekstern dapat dilihat dari cara melakukan kerjasama antar organisasi.

  2. Merumusksan masalah yang paling penting dan masalah yang sangat sering terjadi dan dihadapi oleh oleh anggota kelompok. Misalnya seperti perbedaan persepsi oleh komunikasi yang digunkakan kurang jelas sehingga sulit dipahami.

  3. Merumuskan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya masalah dan mencari berbagai alternatif pemecahannya. Sebagai missal faktor-faktor tersebut adalah adanya sumber daya yang langka sehingga alternative yang ditempuh oleh seorang pimpinan adalah memperbesar sumber daya tersebut.

Peran sebagai Fasilitator

Seorang pemimpin harus dapat mendorong dan menumbuhkan kesadaran para kelompok di suatu organisasi yang dipimpinnya supaya kesadaran para kelompok di suatu organisasi yang dipimpinnya supaya melakukan perubahan yang diharapkan untuk meningkatkan perkembangan suatu organisasinya. Pemimpin harus dapat memberikan berbagai kemudahan bagi para kelompoknya dengan cara :

  1. Mengorganisasikan kegiatan para kelompok untuk memudahkan organisasi mencapai tujuannya.

  2. Membuat keputusan yang mengacu kepada penyusunan skala prioritas tugas-tugas yang hendak dikerjakan oleh organisasi dan para kelompoknya.

Peran sebagai pemecah masalah

Seorang pemimoin harus mampu bertindak cepat, tepat, dan tanggap permasalahan yang dihadapi oleh organisasi, dan berusaha memecahkan masalah tersebut dengan secepat-cepatnya. Pemimpin harus mampu menentukan saat dan bentuk pemberian bantuan kepada anggota atau kelompok, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan setiap gerak langkah yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Peran sebagai penghubung sumber

Seorang pemimpin harus dapat mencari sumber0sumber yang berkenaan dengan kondisi dan kebutuhan organisasi. Dengan sumber-sumbver tersebut, pemimpin dapat membantu organisasi atau kelompok untuk mengetahui cara-cara pendekatan yang dapat dilakukan untuk memperoleh bantuan yang diperlukan dalam rangka memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

Peran sebagai komunikator

Seorang pemimpin harus dapat mengkomunikasikan gagasannya kepada orang lain, yang kemudian disampaikan kepada orang lain, yang kemudian disampaikan kepada orang lain secara berlanjut. Bentuk komunikasi harus dilakukan secara dua arah supaya gagasan yang disampaikan dapat dibahas secara luas, yang mencakup para pelaksana dan khalayak sasaran perlu menguasai teknik berkomunikasi secara efektif.