Apa saja peran peran pada tim produksi film?

image

Produser

Seseorang yang merupakan pemimpin dan bertanggung jawab untuk mengelola produksi film dari awal hingga akhir. Produser mengembangkan proyek dari ide awal, memastikan bahwa skrip film rampung, mengarahkan pembiayaan serta mengelola tim produksi yang membuat film .

Director / sutradara

Sutradara utamanya bertanggung jawab untuk mengawasi proses syuting dan pembuatan film. Faktanya pendapat jika sutradara juga sebagai author adalah salah karena membuat asumsi bahwa sang sutradara, seperti author, mengerjakan segalanya. Sutradara bekerja pada pusat pembuatan film, namun tidak dapat dipisahkan dari sejumlah orang lain yang berperan dalam membuat suatu film.

Penulis naskah

Sang penulis naskah harus secara hati hati membuat dialog dalam suatu film terlihat natural, dan mengerjakan hal yang lebih dari hanya sekedar menyediakan dialog untuk para aktor. Pembuatan sekuens sekuens dari adegan film yang dilakukan penulis naskah bertujuan untuk memastikan bahwa suatu adegan bertransisi dengan adegan selanjutnya sehingga cerita pada film akan dirasa masuk dalam logika dan menarik.

Aktor

Peran ini sudah tidak diragukan lagi keberadaannya dalam produksi film. Aktor bertanggung jawab dalam menggambarkan karakter pada suatu film. Peran dari aktor lebih sulit daripada hanya muncul pada set film dan membaca naskah dialog.

Itulah peran peran yang ada dalam produksi film, ada yang mau menambahkan?

Ada 1 yang saya tahu yaitu set decorator, terdiri dari beberapa orang yang bertugas mendekorasi sebuah film atau video, yang meliputi perabot, dan semua benda-benda yang akan terlihat dalam sebuah film/video. Mereka bekerja sama dengan desain produksi dan berkoordinasi dengan art
director.