Apa saja penyebab trauma pada gigi?

06-BERBAGI 10

Trauma gigi atau sering juga disebut fraktur gigi atau Traumatic Dental Injury (TDI) adalah gejala rusaknya jaringan keras dan atau periodontal karena sebab mekanis. Trauma pada gigi ini umumnya akan dialami oleh anak-anak yang sangat aktif dan belum memiliki penilaian yang baik pada lingkungannya. lalu apa saja penyebab trauma pada gigi?

Ada pepatah bilang lebih baik mencegah dari pada mengobati. Dalam kasus trauma pada gigi ini tentu juga Anda ingin mencegah daripada mengobati. Karena kejadian ini seringkali menimpa anak-anak maka sebagai orangtua tentu Anda memiliki peran sentral untuk mencegah terjadinya trauma gigi ini. Nah untuk bisa mencegah trauma gigi ini terjadi pada anak-anak, maka Anda perlu mengetahui beberapa penyebab yang bisa menyebabkannya. Berikut rincian penyebab terjadinya trauma pada gigi tersebut.

Trauma yang Tidak Disengaja (Unintentional Trauma)

Penyebab trauma gigi yang pertama adalah karena adanya kejadian yang tidak disengaja. Beberapa kejadian yang tidak disengaja oleh anak seperti terjatuh, menggigit benda keras atau kecelakaan memang bisa saja membuat rusaknya atau hilangnya gigi (fraktur gigi).

Trauma yang Disengaja (Intentional Trauma)

Penyebab trauma gigi juga bisa ditimbulkan oleh kejadian atau hal yang disengaja seperti terjadinya kekerasan fisik yang terjadi pada anak dan prosedur iatrogenik.

Trauma Faktor Predisposisi

Terakhir, penyebab terjadinya trauma gigi adalah adanya faktor predisposisi. Faktor predisposisi ini sendiri terjadi karena adanya posisi gigi yang mengalami kelainan dentofasila atau juga hipoplasia email yang memperlemah gigi. Selain itu trauma faktor predisposisi ini juga bisa terjadi pada anak penderita cerebral palsy dan juga terjadinya gigi anterior protrusif yang disebabkan kebiasaan anak menghisap ibu jari. Mulai ajarkan anak untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan dari kecil, berikan edukasi menyikat gigi dengan benar dan tentunya pilihkan sikat gigi yang lembut untuk menjaga gigi anak agar tidak trauma. Gunakan bulu sikat charcoal pada sikat gigi Ciptadent Charcoal Protection untuk mengurangi sakit pada gigi anak.