Apa saja penyebab terjadinya penyakit Laminitis?


Laminitis adalah penyakit metabolik multifaktorial yang dapat terjadi secara akut, subklinis, dan kronis (Garret et al., 1995). Laminitis adalah keadaan inflamasi atau kondisi peradangan pada korium laminar dinding digitalis. Kondisi laminitis merupakan gangguan sistemik, yang memiliki manifestasi pada daerah digitalis. Peradangan pada digitalis atau kuku ini merupakan kondisi yang sering terjadi tanpa disadari, tetapi dapat mengakibatkan kerugian ekonomi yang besar dan signifikan.

Faktor penyebab Kuda dapat menderita penyakit Laminitis :

  • Kuda dipaksa berlatih dengan keras.
  • Latihan dilakukan di tanah yang lembab. Tanah yang lembab cenderung memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga kemungkinan ada bakteri yang tumbuh, misalnya Staphylococcus aureus. Bakteri ini termasuk patogen, dan bersifat gram positif.

Faktor lain yang dapat mendukung laminitis yaitu:

  • Masalah sistem pencernaan. Hal ini dapat terjadi apabila makanan yang diabsorpsi tubuh tidak dipecah dengan baik pada hind gut, maka asam dan toksin akan bocor dan masuk ke dalam jaringan tubuh serta merusak pembuluh darah dan organ. Ketika pembuluh darah dan sel yang menginervasi daerah kaki depan terutama kulit jangat akan membawa asam dan racun tersebut dan menyebabkan pembengkakan. Pembengkakan ini menyebabkan rasa nyeri dan membuat kuda tidak dapat berdiri dengan semestinya. Kondisi kuda dapat menjadi lebih parah apabila toksin ini tidak dikeluarkan karena dapat merusak lamina lalu berlanjut ke sole maka kuda tersebut harus dieutanasi.
  • Pakan yang berlebihan dalam artian Terlalu banyak pakan gandum dan Terlalu banyak konsentrat.
  • Menimbulkan produksi asam yang berlebihan dan meningkatkan pertumbuhan bakteri patogen.
  • Ketidakseimbangan hormon