Apa saja penyebab suara Kacer yang serak?

image

Apa saja penyebab suara Kacer yang serak ? Dan bagaimana cara mengatasinya ?

Penyebab suara Kacer menjadi serak antara lain :

  1. Suara serak yang diakibatkan karena salah pakan
    Pemberian pakan berupa voer yang sudah kedaluwarsa dan kroto yang sudah basi biasanya akan menyebabkan suara serak pada Kacer. Sedangkan untuk mengatasinya Anda bisa memberikan air putih yang bersih dan sehat pada Kacer, selian itu Anda juga harus mengganti semua pakan-pakan basi tersebut dengan pakan yang segar dan sehat.

  2. Suara serak yang diakibatkan karena sirkulasi udara yang buruk
    Sirkulasi udara yang pengap biasanya akan membuat burung mengalami sesak nafas dan dapat menimbulkan serak juga. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda tempatkan kandang dan sangkar burung pada tempat yang kondusif, nyaman, dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

  3. Suara serak yang diakibatkan karena terlalu sering ditrek
    Penyebab utama suara serak pada Kacer adalah karena Kacer terlalu sering ditrek. Sedangkan untuk mengatasi suara serak yang disebabkan karena masalah ini adalah dengan mengistirahatkan Kacer dari segala bentuk latihan, terutama latihan vokal. Sedangkan untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa memberikan burung ini air mineral yang bersih dan cukup.

  4. Suara serak yang diakibatkan karena penjemuran
    Perlu Anda ketahui, penjemuran yang dilakukan terlalu lama sangatlah tidak baik untuk Kacer, terutama untuk kualitas suara Kacer. Pasalnya, jika burung ini dijemur terlalu lama suara Kacer akan serak. Tentu Anda tidak ingin bukan memiliki Kacer yang serak? Untuk itu, sebaiknya jemur Kacer dibawah 2 jam, dan hindari penjemuran di atas jam 10 pagi.