Apa saja penyebab kucing menjadi suka mencakar?

kucing

Saat sedang santai bersama kucing yang biasanya manja dan penurut, tiba-tiba kucing tersebut berubah tidak mau disentuh dan suka mencakar. Apakah penyebab kucing tersebut menjadi seperti itu?

Menggaruk-garuk atau mencakar merupakan perilaku yang alami pada kucing untuk mempertajam cakarnya dan menandai wilayah kekuasaannya. Apabila kucing anda suka mengaruk-garuk/mencakar sofa cakar cakar di rumah anda, sebaiknya sediakan tempat khusus untuk kucing menggaruk/mencakar ( cakar scratching post) sebagai alternatif untuk kucing dapat menandai wilayah kekuasaannya.

Apabila kucing lebih suka menggaruk/mencakar karpet di rumah anda, cobalah untuk menyediakan matras horizontal untuk tempat menggaruk/mancakar kucing ( cakar horizontal scratching mat) sebagai gantinya.

Pastikan tempat khusus untuk kucing menggaruk/mencakar diletakkan dekat dengan tempat yang telah digaruk/dicakar kucing sebelumnya. Gosokkan beberapa catnip (semacam tanaman yang disukai kucing) ke dalam tempat khusus kucing untuk menggaruk/mencakar yang bertujuan untuk menarik/menggoda kucing jika ia enggan menggunakannya.

Apabila kucing tetap menggaruk/mencakar perabotan yang ada di dalam rumah, cobalah untuk membersihkan daerah bekas garukan/cakaran kucing sebelumnya untuk menghilangkan aroma yang telah ditandai kucing dengan alkohol karena kucing tidak menyukai aromatersebut. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan menutup daerah bekas garukan/cakaran kucing dengan bahan-bahan yang tidak disukai kucing seperti sesuatu yang lengket atau perekat dua sisi

Sumber : http://ilmuveteriner.com/kenali-perilaku-yang-menyimpang-pada-kucing-anda/