Apa saja penyebab kucing buang kotoran sembarangan?

Kucing

Kucing saya suka buang kotoran sembarangan. Padahal sudah disediakan tempat khusus untuk buang kotoran dan saya sudah melatihnya, tetapi kebiasaannya tidak berubah. Apakah penyebab kucing buang kotoran sembarangan?

Beberapa hal yang menyebabkan kucing peliharaan anda buang kotoran sembarangan antara lain :

1. Pasir kucing kotor

Pastikan membersihkan litter box secara teratur. Kalau ingin lebih praktis ketika membersihkannya, kita bisa menggunakan pasir kucing bentonite atau kristal yang menggumpal (clumping) ketika terkena kotoran, kita tinggal membuang pasir yang menggumpal karena menyerap kotoran kucing, lalu menjemur sisanya dan bisa dipakai lagi.

2. Kucing stress

Kucing kerap merespon stres dengan buang air kecil dan besar secara tiba-tiba di luar litter box.

3. Tidak suka berbagi pasir kucing

Kucing pada dasarnya adalah hewan teritorial dan membutuhkan tempat mereka masing-masing secara insting. Seekor kucing mungkin akan buang air kecil di sebuah tempat untuk menunjukkan daerah kekuasaannya kemudian diikuti oleh kucing lain menguasai daerah lainnya. Ada beberapa kucing yang memang tak suka berbagi pasir dengan yang lainnya. Idealnya, satu litter box untuk satu kucing. Jika kondisi ideal tak memungkinkan, coba tentukan kira-kira satu litter box untuk maksimal beberapa kucing saja.

4. Lokasi litter box tidak tepat

Pastikan litter box berada di lokasi yang layak. Biasanya kucing tidak suka pasir tempat buang air berada di dekat tempat tidur dan area makannya. Pastikan juga letak litter box bisa diakses dengan mudah.

5. Kucing sakit

Ada beberapa kondisi medis yang membuat kucing buang air sembarangan, diantaranya yaitu Urinary Tract Infections (UTI) dan Feline interstitial cystitis – penyakit kompleks yang menyebabkan tersumbatnya ginjal. Kedua penyakit tersebut menyebabkan kucing tak tahan untuk buang air, sehingga belum sampai di litter box kucing sudah buang air.