Apa saja penyebab kelinci mati mendadak?

Kelinci

Terkadang kelinci bisa mati mendadak, apa saja penyebab kelinci mati mendadak?

Berikut penyebab kelinci mati mendadak

1. Karena Kelinci Sakit

Poin pertama dari penyebab kelinci mati adalah karena sakit, dan dia bisa terserang
penyakit karena ada bakteri yang masuk ke dalam tubuhnya atau daya tahan tubuhnya yang lemah. Sehingga walaupun sakit itu datangnya dari tuhan, kita tetap berusaha mencegahnya.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan merawat kandangnya, membersihkan tempatnya, membuang kotoran dan memperhatikan pola makannya sehari-hari. Namun bila kelinci anda sudah terlanjur sakit maka langsung saja diobati tanpa ditunda-tunda atau malah dibiarkan. Bayangkan saja, kelinci yang sudah diobati saja belum tentu bisa sembuh total apalagi tidak diobati sama sekali. Menurut pengamatan kami, kelinci yang mati akibat sakit memang banyak dialami oleh pencinta atau peternak kelinci, mulai dari mencret, muntah atau yang lainnya.

2. Makanan Kelinci yang Tidak Layak

Salah satu sebab kelinci kalian mati adalah karena faktor makanan atau karena pemberian pakan yang tidak sewajarnya. Misalnya sobat memberi makanan yang mengandung bahan pengawet dan kimia sehingga kelinci keracunan. Atau bisa juga karena makanan pokoknya kurang bersih dan mengandung parasit.

Seperti kelinci yang diberi pakan sayuran, namun ternyata sayuran tersebut belum dicuci bersih, sehingga bahan kimia dan parasitnya belum hilang. Akhirnya dapat mengakibatkan kelinci tersebut keracunan dan mati. Maka dari itu berilah ia pakan yang bergizi dan bernutrisi tinggi biar kondisi tubuh kelinci selalu sehat.

3. Kelaparan Makanan

Kasus ini masih terjadi di kalangan pencinta hewan. Harusnya sesibuk-sibuknya mereka jangan sampai lupa memberinya makanan yang menyehatkan.

4. Kelinci Mati Karena Faktor Psikis

Kelinci juga makhluk hidup sebagaimana makhluk hidup pada umumnya. Dia membutuhkan kebahagiaan dan mudah stres. Kondisi tersebut bisa terjadi jika tidak adanya perhatian dari pemiliknya, contohnya kelinci jarang diajak keluar dan di dalam kandang terus sehingga stres.

Kemudian kelinci berantem tapi tidak dipisahkan sama pemiliknya sehingga stres. Yang jelas hal itu jangan sampai terjadi, meskipun kelinci itu nakal tetap ia butuh perhatian seperti yang lainnya. Kasian nanti dia bisa mati mendadak karena kurang bahagia. Ajaklah bermain di saat sore hari atau pagi hari agar kelinci tidak mati karena psikisnya terganggu.

5. Kurang Komunikasi

Penyebab kelinci mati yang terakhir adalah kurangnya komunikasi dari pemiliknya. Perlu kalian ketahui, bahwa kurangnya berkomunikasi dengan kelinci ternyata juga bisa menjadi penyebab kematian si kelinci. Dan ini ada kaitannya dengan poin yang keempat, kelinci bisa mati karena anda selalu mengabaikannya dan jarang mengajaknya bermain serta berkomunikasi alias cuek sehingga ia kesepian.

Sumber:https://www.hobinatang.com/2017/04/penyebab-kelinci-mati-dan-cara-mencegah-agar-tidak-mati.html 4/6