Apa saja penyebab kejang pada anjing dan kucing?

anjing
kucing

(ariel) #1

Anjing dan kucing

Apa saja penyebab kejang pada anjing dan kucing?


(lailatussaadah) #2

Kejang atau konvulsi merupakan gerakan otot mendadak dan serentak yang tidak bisa dikendalikan oleh tubuh. Hal ini disebabkan oleh letusan aktivitas listrik pada sistim syaraf secara mendadak yang tidak bisa dikendalikan atau biasa disebut seizure. Seizure pada anjing dan kucing merupakan gejala klinis dari suatu penyakit seperti gangguan syaraf, trauma otak, kerusakan hati, dan kekurangan gula dalam darah.

Seizure diawali dengan kehilangan kesadaran dari hewan, kemudian terjadi kekakuan otot, lalu dilanjutkan kontraksi otot yang tidak dapat dikendalikan. Sebelum terjadi seizure, akan tampak perubahan sikap secara cepat atau biasa disebut pre-ictal behaviour, seperti mondar-mandir, berputar, mengeong (kucing), menggongong (anjing) dan muntah. Setelah terjadi seizure (post-ictal), anjing atau kucing anda akan tampak disorientasi/linglung diikuti kelemahan pada kaki, muntah atau perubahan lainnya menuju kesadaran. Perubahan ini akan berjalan dengan cepat namun butuh beberapa hari untuk kembali normal pada kasus-kasus tertentu

Banyak sekali penyebab terjadi kejang pada hewan kesayangan anda, seperti kagar gula rendah dalam darah, penyakit pada hati, sumbatan pada sirkulasi darah, infeksi virus, kekurangan kalsium pada otak, tumor otak dan gangguan sistim syaraf yang lain. Pada anjing berumur 8 tahun epilepsy merupakan penyebab utama terjadinya seizure meskipun penyebab utama dari penyakit tersebut biasa disebut idopatic epylepsi.

http://pecintasatwa.com/penanganan-kejang-pada-anjing-dan-kucing/