Apa saja penyebab jamur pada kura-kura? Bagaimana penanganannya?

kura-kura

Jamur yang menyerang kura-kura yang menyebabkan kura-kura menjadi lemas dan malas untuk makan. Bintik-bintik putih pada kura-kura adalah salah satu tanda jika kura-kura terkena jamur karena biasanya jamur menyerupai lumut dan lendir yang menempel pada badan kura-kura atau punuk kura-kura.

Apa saja penyebab jamur pada kura-kura? Bagaimana penanganannya?

Ciri penyakit jamur pada kura-kura umumnya ditandai dengan munculnya bercak putih pada kaki, pangkal kaki, pangkal ekor, leher, dan bagian wajah kura-kura. Penyakit jamur pada kura-kura biasanya juga disertai dengan gejala lain yaitu kura-kura kerap malas bergerak dan kurang merespon makanan yang diberikan kepadanya. Penyakit jamur pada kura-kura dapat disebabkan oleh kualitas air yang tidak terjaga dengan baik, kemudian muncul bintik-bintik putih atau seperti rambut halus dalam jumlah yang banyak pada beberapa bagian tempurung maupun kaki-kaki dan kepala kura. Biasanya kura-kura yang terserang jamur juga terlihat berlendir. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kondisi kesehatan kura-kura air serta penurunan nafsu makan secara drastis.

Cara mencegah penyakit jamur pada kura-kura adalah dengan menjaga kebersihan kolam atau akuarium tempat memelihara kura-kura. Penanganan paling mudah bagi jamur adalah dengan rajin menjemur kura pada matahari pagi, serta direndam pada air yang diberi garam ikan, takarannya cukup 1 sendok makan untuk 300 ml air. Air yang dilarutkan garam ikan juga sebaiknya diganti setiap hari. Pemberian garam ikan dilakukan selama kurang lebih 2-3 hari hingga jamur benar-benar hilang. Cara lain untuk mengobati jamur pada kura-kura adalah dengan mengobatinya dengan obat kura-kura bermerk Acrivlafine Plus dengan dosis yang disarankan