Apa saja penyebab gusi hitam ?

gusi

(Hana Attaumi) #1

penyebab gusi hitam

Ada beberapa kondisi yang bersifat abnormal yang dapat menyebabkan gusi hitam. Apa saja penyebab gusi hitam ?


(Ayana Nataniya) #2

Gusi yang berwarna merah muda merupakan salah satu ciri gusi sehat. Dengan kondisi gusi seperti ini, Anda pun dapat menampilkan senyum yang lebih indah. Akan tetapi, warna gusi pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang punya gusi cokelat muda, cokelat tua, bahkan gusi hitam.

Bicara lebih jauh tentang gusi hitam, hal ini merupakan produksi dari melanin atau melanosit di dalam tubuh. Gusi hitam wajar terjadi pada orang Asia, Timur Tengah, Mediterania, dan Afika. Sebab, mereka memang rentan mengalami hiperpigmentasi.

Akan tetapi, ada pula kondisi hiperpigmentasi yang bersifat abnormal, sehingga dapat menyebabkan gusi berwarna hitam. Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu kondisi tersebut :

  • Merokok
    Gusi pada perokok dapat menghitam. Biasanya, gusi yang menghitam adalah gusi depan rahang atas.

  • Efek dari penggunaan obat-obatan jangka panjang
    Obat-obatan yang mengandung chloroquine, quinine, minocycline, zidovudine, chlorpromazine, ketoconazole, bleomycin, dan cyclophosphamide diketahui dapat menyebabkan gusi hitam. Bahkan, obat yang mengandung minocycline dapat menyebabkan gusi dan bibir menghitam.

  • Penyakit endokrin
    Penyakit endokrin seperti Addison’s Disease, Albright’s Syndrome, Akromegali, dan Nelson’s Syndrome dapat menyebabkan gusi hitam.

  • Paparan logam
    Paparan logam seperti timah, bismuth, merkuri, silver, arsenik, dan emas dapat memicu gusi hitam. Gusi hitam yang sering terjadi pada anak adalah kontaminasi dari timah pada air minum atau cat, dan obat-obatan yang mengadung merkuri atau silver. Biasanya akan tampak garis biru atau hitam sepanjang garis gusi. Jika hal ini terjadi, maka diperlukan tindakan untuk mencegah penyakit sistemik akibat keracunan logam tersebut.

  • Penyakit kaposi sarcoma
    Sering dihubungkan dengan infeksi virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh. Bagian yang paling menghitam adalah langit-langit mulut. Selain itu, tampak luka di dalam mulut yang meliputi seluruh bagian gusi.