Apa saja penyebab gigi tonggos paling umum?

Gigi tonggos pasti dapat dengan mudah Anda bayangkan seperti apa bentuknya. Tentu saja setiap orang pasti ingin punya gigi yang sempurna dengan bentuk rahang yang juga baik dan tak ada yang mau memiliki gigi maju. Seseorang dengan gigi tonggos atau maju biasanya akan merasa rendah diri seiring dengan bertambahnya usia. Lalu, sebenarnya apa saja penyebab gigi tonggos paling umum?

Penyebab gigi tonggos paling umum:

1- Faktor Genetik
Gigi tonggos alias maju bisa dikarenakan faktor genetik alias keturunan. Bentuk rahang akan menurun dari sang ayah maupun ibu sehingga jika mungkin salah satu dari orang tua memiliki gigi yang tonggos, otomatis sang anak pun akan mengalaminya juga. Bentuk rahang setiap orang berbeda-beda dan ada bentuk rahang yang mendukung susunan gigi yang tumbuh tak simetris. Seorang anak dapat lahir dan memiliki gigi besar karena memang bentuk rahang yang besar. Hal tersebut tak lepas dari faktor keturunan dari orang tuanya yang juga punya bentuk rahang besar sehingga gigi yang tumbuh juga besar-besar. Karena hal tersebutlah, gigi tonggos dapat terjadi dan bila memang diperlukan, mengunjungi dokter gigi adalah solusinya.

  1. Kebiasaan Mengemut Jempol
    Selain dari adanya faktor genetik yang berperan, kebiasaan semasa kecil pun turut menjadi faktor yang cukup mendukung gigi dapat tonggos. Salah satu kebiasaan buruk yang biasanya justru dibiarkan dan diabaikan oleh para orang tua adalah anak yang suka mengemut jempol, terutama saat tidur. Memang benar bahwa kita melihat aktivitas mengemut jempo adalah hal yang biasa dilakukan anak-anak, tapi membiarkannya menjadi kebiasaan adalah keputusan yang salah. Saat sang anak mulutnya mengemut jempol, mulut kemudian bakal bergerak maju mundur seperti mengempeng. Gerakan inilah yang bisa menjadikan rahang dan gigi mudah maju sebab sedang masa pertumbuhan juga.

  2. Kebiasaan Menjulurkan Lidah
    Pastinya hampir semua orang pernah atau justru sering menjulurkan lidah sehingga terlihat dan kerap dianggap sesuatu yang wajar. Hanya saja, hal seperti ini bukanlah hal yang baik untuk terlalu sering dilakukan anak yang masih dalam masa tumbuh kembangnya. Ketika ini menjadi kebiasaan, otomatis langit-langit mulut bakal menjadi lebih tinggi. Dari langit-langit yang meninggi itulah yang kemudian menjadikan rahang lebih sempit. Rahang sempit bakal menjadikan gigi yang tumbuh nanti bisa berdesakan. Karena berdesakan dan kekurangan tempat itulah kemudian gigi akhirnya tumbuh maju alias menjadi tonggos. Jadi, segera peringatkan anak Anda bila ia mulai melakukan hal seperti ini.

  3. Kebiasaan Menggeretakkan Gigi
    Banyak orang yang tidak tahu kalau kegiatan menggeretakkan gigi menjadi faktor yang menjadikan gigi mudah maju alias tonggos dan juga penyebab gigi sensitif. Saat tidur, ada banyak orang yang kerap menggeretakkan giginya secara tak sadar dan ini bisa menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihentikan nantinya. Anak-anak pun juga termasuk sering melakukan hal seperti ini. Bila Anda adalah orang tua yang anaknya kerap melakukan hal ini, Anda perlu mengingatkan dan melarangnya karena ini bisa membuat giginya menjadi lebih maju. Tak hanya karena alasan tersebut, tapi menggeretakkan gigi pun bakal membuat gigi terasak dan terubah struktur anatomisnya sehingga tumbuh menjadi tak rata.

  4. Kebiasaan Bernapas Melalui Mulut
    Bernapas melalui mulut paling umum dilakukan oleh para penderita penyakit flu di mana biasanya hidung akan tersumbat sehingga bernapas pun sulit. Otomatis bila sudah demikian, jalan satu-satunya tentu bernapas melalui mulut. Namun, ada sejumlah orang yang memang memiliki kebiasaan bernapas lewat mulut. Ketika bernapas lewat mulut, ini juga akan menjadikan langit-langit mulut malah lebih tinggi di mana jika makin tinggi rahang gigi akan melengkung. Perubahan pada lengkung rahang gigi tersebut bakal mengecil sehingga gigi yang seharusnya tumbuh normal pun bakal menjadi maju nantinya. Sebelum menjadi demikian, hendaknya hal ini tak dijadikan kebiasaan.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/penyebab-gigi-tonggos