Apa saja penyebab dari penyakit dari penyakit Lymphoid Leukosis (LL) ? Apa gejala klinis yang ditimbulkan?

Limfoid leukosis atau disebut juga visceral lymphomatosis atau big liver disease adalah salah satu penyakit tumor yang termasuk di dalam leukosis kompleks atau disebut juga limfoid sarcoma. Bentuk-bentuk lain dari leukosis kompleks tersebut adalah erythroblastosis, myetocytomatosis, osteopetrosis, nephroblastoma, fibrosarcoma dan lain-lainnya. Dari berbagai macam leukosis kompleks tersebut limfoid leukosis yang paling sering ditemukan.

Virus penyebab penyakit Lymphoid Leukosis adalah Leukovirus digolongkan ke dalam famili Retroviridae genus Oncorna C. secara morfologi dan strukturnya menyerupai virus RNA yang bersifat onkogenik yang ditemukan selain pada unggas. Lymphoid leukosis (LL) merupakan penyakit neoplasma pada unggas yang bersifat menular.

Ayam-ayam yang terserang mempunyai masa inkubasi lama dengan gejala tidak menyolok, sulit dibedakan antara ayam yang baru tertular dari ayam yang tidak terpapar. Pada stadium lanjut, maka akan terlihat adanya pial yang kering dan gejala umum antara lain kelihatan pucat, jengger dan pial sianosis, nafsu makan menurun, menjadi kurus dan lemah, perut tampak membesar dan bila diraba (palpasi) terasa mengeras.

Sampai saat ini belum ada pengobatan untuk penyakit Lymphoid Leukosis (LL). Vaksin untuk LL sampai saat ini juga belum tersedia, oleh karena itu usaha pencegahan lebih difokuskan pada manajemen pemeliharaan yang baik dan benar.