Apa saja penyebab dari iritasi gigi?

Iritasi gigi biasanya terjadi karena reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung pada makanan, minuman, pasta gigi atau produk-produk mulut lainnya. Reaksi alergi tersebut akan menyebabkan jaringan gusi menjadi merah dan kemudian membengkak.

Yang menjadi penyebab iritasi gigi antara lain :

Kebersihan Dan Perawatan Gigi Yang Buruk

Faktor yang pertama penyebab terjadinya iritasi gigi adalah karena faktor dari si pemilik gigi tersebut. Iritasi gigi ini sering kali ditimbulkan karena buruknya perawatan dan kebersihan gigi si pemilik gigi yang bersangkutan. Salah satunya adalah malas gosok gigi.

Apabila anda malas gosok gigi, maka sisa makanan yang ada di dalam mulut anda atau di sela gigi anda akan berubah menjadi bakteri yang dapat menggerogoti gigi anda dan berlanjut menjadi penyebab gigi cepat keropos.

Mulut Yang Kering

Faktor yang kedua penyebab iritasi gigi adalah mulut yang kering. Apabila mulut anda kering, maka gigi anda juga akan merasakan akibatnya sobat. mulut kering ini biasanya disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah kurangnya konsumsi air putih.

Nah pada saat mulut anda kering, bakteri atau kuman yang ada dalam mulut atau gigi anda akan mencari tempat yang paling lembab, salah satunya adalah bagian dalam atau sela-sela dari gigi anda. Apabila bakteri atau kuman tersebut sudah beraksi, maka tidak akan menutup kemungkinan iritasi akan mengintai gigi anda. Untuk itu rajinlah minum air putih yang cukup ya sobat.

Perawatan Gigi Menggunakan Obat Kimia Yang Terlalu Sering

Faktor yang ketiga penyebab iritasi gigi adalah karena melakukan perawatan gigi dengan mengguankan obat kimia yang terlalu sering. Apabila anda melakukan pembersihan gigi dengan bantuan medis yang tentunya menggunakan obat kimia memnag sangat memberikan dampak yang langsung nyata bagi anda. Selain itu, gigi anda juga akan terlihat lebih putih dan bersih.

Namun apabila dilakukan terlalu sering, hal ini akan membuat gigi anda terkena iritasi.

Perbaikan Gigi Dengan Cara Yang Salah

Faktor yang keempat adalah perbaikan gigi dengan cara yang salah. Perbaikan gigi dengan cara yang salah maksudnya adalah misalnya saja apabila anda menggunakan gigi palsu, namun ukuran serta jenisnya tidak tepa untuk ukuran gigi anda yang sebelumnya, maka hal ini juga akan berpotensi membuat gigi anda terkena iritasi.