Apa saja penyebab berat badan kucing turun secara drastis?

Kucing

Kucing saya tiba-tiba berat badannya turun secara drastis. Apa saja penyebab berat badan kucing turun secara drastis?

Kucing yang berat badannya turun drastis dapat disebabkan oleh penyakit, salah satunya akibat diare yang berkepanjangan. Namun ada penyakit lain yang kami khawatirkan, yaitu perlemakan pada hati kucing, dan hal ini juga memiliki gejala yang sama.

Berbeda dengan makluk hidup lain, kucing jika tidak makan dengan baik dalam waktu yang lama akan memunculkan penyakit ini dan butuh waktu berbulan-bulan untuk menyembuhkannya, dan jika tidak tertangani dengan baik akan menyebabkan kematian. Jika kucing masih memiliki nafsu makan yang baik, tentunya akan memiliki peluang lebih baik, namun jika tidak, sebaiknya segera di bawa ke dokter hewan terdekat.

Penyebab diare umumnya infeksi bakteri, virus, dan parasit. Jika kucing belum pernah di vaksin dan diberikan obat cacing, kemungkinan penyakit ini juga akan sangat tinggi.

Berikut beberapa faktor lain penyebab penurunan berat badan pada kucing.

  • Makanan kucing
    Berikan makanan yang disukai kucing kalian sehingga kucing kalian tidak kurus karena tidak suka makan.

  • Kebersihan tempat makan atau kandang
    Tempat makan kucing yang kotor dan juga kandang yang kotor pasti menimbulkan bau, jika bau kotoran tersebut bercampur dengan makanan yang kalian berikan kadang kucing pun juga jadi tidak mau memakannya.

  • Cacingan
    Selain menjadikan kucing kurus atau mengalami penurunan berat badan yang drastis pada kucing , cacingan pada kucing akan menjadi masalah yang serius jika tidak segera diatasi.

  • Stress
    Kucing memang pintar dalam beradaptasi , tapi jika mengalami beberapa hal baru maka si kucing pun kadang bisa mengalami stress dan mengakibatkan kucing jadi kurus. Kucing yang stress cenderung tidak mau makan dan kadang bertingkah aneh , perhatikan hal yang bisa membuat kucing kalian stress.

Apabila kucing peliharaan anda mengalami penurunan berat badan yang tidak normal, Sebaiknya segera periksakan. Umumnya dokter hewan akan memeriksa secara umum, dan memberikan pemeriksaan lanjutan sesuai dengan gejala lain dari penyakit, jika diperlukan dokter hewan akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti x-ray, usg, uji darah, dan lain-lain. Setelah diagnosa ditegakkan, barulah obat-obatan yang tepat dan sesuai diberikan. Semakin cepat membawa ke dokter hewan, akan semakin baik.