Apa saja panduan dalam melakukan customer research secara online ?


Pada jaman sekarang, kegiatan customer research bisa dilakukan secara online. Apa saja panduan dalam melakukan customer research secara online ?

Terdapat beberapa saran yang dapat digunakan dalam melakukan online customer research, antara lain :

  • Forum diskusi online
    Contohnya seperti Dictio dan Quora. Keduanya merupakan platform yang bagus dan cocok dalam mengadakan riset pelanggan. Disini merupakan tempak berdiskusi dengan topik yang sangat luas. Dengan mengetikkan keyword yang sesuai dengan produk anda, maka akan muncul target pasar kita untuk melakukan riset.

  • Keyword Research
    Selain melakukan riset pada website online, anda juga bisa langsung mencari keyword yang sesuai dengan tujuan riset produk. Banyak informasi yang dapat kita temukan juga kita bisa mencari kata yang tepat untuk riset kita.

  • Blog comment
    Terdapat juga cara melakukan riset pada bagian komentar sebuah blog. Jika kita menemukan blog yang membahas tentang topik yang sesuai dengan riset yang kita lakukan, kita bisa memberi respon di kolom komentar dan berharap penulis ataupun pembaca lain menanggapinya.

  • Survey
    Survey secara online bisa dilakukan dalam online customer research. Kita membuat sebuah survey online dan menyebarkan survey tersebut secara online melalui media sosial ataupun cara lainnya.

  • Membayar untuk melakukan riset
    Terdapat cara berbayar yang bisa kita lakukan dalam online customer research. Jika kita ingin seseorang melakukan riset terhadap produk kita ataupun testing lainnya, usertesting.com dan usabilityHub memberikan solusi tersebut. Kita mendapat feedback nyata dari orang asli dan ini dapat membantu kita dalam menghemat waktu untuk mencari user.

Sumber