Apa saja pakan alternatif untuk Ikan Gurame ?

ikan gurame

Ikan gurame atau ikan gurami (Osprhronemus gouramy Lac) termasuk ikan air tawar yang tersebar di kawasan Asia Tenggara. Apa saja pakan alternatif untuk Ikan Gurame ?

Cacing sutra atau cacing rambut terdiri atas dua lapisan otot yang membujur dan melingkar sepanjang tubuhnya. Panjangnya 10 – 30 mm dengan warna tubuh kemerahan. Saluran pencernaannya berupa celah kecil mulai dari mulut sampai anus. Cacing ini biasanya hidup di got atau parit dan di sungai berair dangkal yang banyak mengandung bahan organik.

Cacing ini hidup berkoloni dan menggumpal pada tempat tertentu. Seperti jenis cacing lainnya cacing sutra memiliki dua alat kelamin dan berkembang biak dengan cara bertelur dari betina yang telah matang telur. Budi daya cacing sutra dapat dilakukan sebagai berikut.

  • Gunakan wadah budi daya berupa parit beton atau kotak kayu berukuran panjang 5 -10 m, lebar 50 cm, dan tinggi 20 – 30 cm yang telah dilapisi plastik.
  • Lakukan pemupukan menggunakan kotoran ayam kering dicampur lumpur dengan perbandingan 1:1.
  • Ratakan media di dasar parit dengan ketebalan 5 cm. Media diairi dengan debit 900 ml per menit.
  • Sehari setelah media dialiri air, bibit cacing ditebarkan sebanyak 3 gram per m2 media.
  • Untuk menjaga keberadaaan pakan cacing, lakukan pemupukan ulang dengan kotoran ayam setiap seminggu sekali dengan dosis 10% dari jumlah pemupukan awal.
  • Cacing sutra dapat dipanen secara acak, dipilih populasi yang padat.
  • Cacing yang dipanen biasanya masih beserta medianya. Untuk menghilangkan medianya, letakkan cacing pada ember. Permukaan ember ditutup selama enam jam, maka cacing akan naik ke permukaan ember. Cacing yang bergerombol di dinding ember dapat diambil dengan tangan.