Apa saja pakan alternatif Ikan Bawal yang bisa digunakan ?

Ikan bawal

Ikan bawal (pomfret) adalah sejenis ikan air tawar dari keluarga Bramidae. Ikan ini berasal dari Hawaii dan sejumlah daerah di Indonesia. Apa saja pakan alternatif Ikan Bawal yang bisa digunakan ?

Limbah sisa makanan dari restoran atau warung makan biasanya disebut lorotan. Harga lorotan saat ini kurang lebih sekitar Rp 500/kg. Beda lagi dengan campuran sisa makanan dan roti kadaluwarsa yang sering dibanderol lebih mahal yaitu Rp 1000/kg. Sekarung campuran sisa makanan dan roti tidak layak ini biasanya dikemas dalam ukuran 50 kg sehingga harganya Rp 50.000/kg. Petani ikan bawal umumnya mendapatkan lorotan tersebut dari pengepul.

Perlu Anda ketahui, waktu yang dibutuhkan untuk membesarkan ikan bawal mulai dari ukuran bibit sampai kondisi yang sesuai permintaan pasar sekitar 2,5-3 bulan. Setelah dilakukan penghitungan, biaya pengadaan lorotan jauh lebih murah dibandingkan dengan pelet. Bahkan Anda bisa menghemat anggaran sampai tiga kali lipat. Biaya pembelian lorotan per siklus pemeliharaan mencapai Rp 2,25 juta. Sedangkan bila menggunakan pelet, Anda harus merogoh kocek hingga Rp 9 juta.

Pakan berupa lorotan ini bisa diberikan kepada ikan-ikan bawal yang Anda pelihara sebanyak dua kali per hari yakni jam 9 pagi dan jam 3 sore. Pada rentang waktu tersebut, suhu air kolam relatif hangat sehingga ikan bawal akan aktif bergerak. Hal ini pula membuat nafsu makan ikan meningkat tajam sehingga harapannya semua lorotan yang ditaburkan ke kolam habis dimakan oleh ikan dalam waktu cepat.