Apa saja pakaian adat Papua ?

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di ujung timur Indonesia. Walaupun berada di paling timur Indonesia, kekayaan alam mauoun adat di Papua sangat kaya dimana mereka memiliki banyak sekalia ciri khas yang tidak tidak ada pada tempat lain. Dari hal tersebut, apa saja pakaian adat yang ada di Papua ?

Papua memiliki keragaman budaya yang sangat menarik. Mulai dari bahasa hingga busana, Papua selalu lekat akan alam. Bagaimana pakaian adat disana?

Pakaian Adat Sali

Pakaian adat ini sendiri khusus untuk perempuan yang masih lajang atau bisa di bilang belum menikah. Bahan dasar dari pakaian ini sangatlah menarik yaitu terbuat dari kulit pohon. Warna yang dihasilkan dari kulit pohon yang akan digunakan untuk pakaian ini harus berwarna coklat.

Pakaian adat Holim

Holim ini khusus di pakai untuk para lelaki pakaian ini berasal dari suku Dani di papua. Fungsi dari pakaian ini adalah bisa digunakan untuk apa saja dalam kegiatan sehari-hari. Kita bisa melihat masyarakat papua memakai beragam pakaian adat mereka pada saat melakukan upacara adat.

Pakaian adat Yokal

Pakaian adat yang hanya ada di daerah papua barat dan sekitarnya. Baju ini hanya boleh digunakan oleh perempuan yang sudah memiliki keluarga. Pakaian adat ini hanya bisa di jumpai di daerah pedalaman papua.

Sumber saya dapatkan di: https://dimasfan.com/pakaian-adat-papua/