Apa saja Norma Dalam Investasi Syariah?

Norma Dalam Investasi Syariah

Investasi menurut Antonio adalah kegiatan usaha yang mengandung risiko karena berhadapan dengan unsur ketidakpastian, dengan demikian perolehan kembalinya (retrun) tidak pasti dan tidak tetap.

Apa saja Norma Dalam Investasi Syariah ?

1 Like

Investasi dalam kamus lengkap ekonomi didefinisikan sebagai penukaran uang dengan bentuk-bentuk kekayaan lain seperti saham atau harga tidak bergerak yang diharapkan dapat ditahan selama periode waktu tertentu supaya menghasilkan pendapatan.

Investasi menurut Antonio adalah kegiatan usaha yang mengandung risiko karena berhadapan dengan unsur ketidakpastian, dengan demikian perolehan kembalinya (return) tidak pasti dan tidak tetap.

Sedangkan menurut Kasmir dan Jafar investasi didefinisikan sebagai penanaman modal dalam suatu kegiatan yang memiliki jangka waktu yang relatif panjang dalam berbagai bidang usaha atau proyek yang membutuhkan dana dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Jadi investasi adalah kegiatan membutuhkan modal atau dana dengan tujuan memperoleh keuntungan dimasa yang akan datang.

Norma Dalam Investasi Syariah


Beberapa aturan yang digunakan dalam investasi syariah yaitu:

  1. Transaksi dilakukan atas harta yang memberikan nilai manfaat dan menghindari setiap transaksi yang dzalim.

  2. Uang sebagai alat pertukaran bukan komoditas perdagangan.

  3. Setiap transaksi haruslah transparan, tidak menimbulkan kerugian atau unsur penipuan.

  4. Risiko yang ditimbulkan harus dikelola sehingga tidak menimbulkan risiko yang melebihi kemampuan menanggung risiko.

Pada dasarnya praktik investasi menurut prinsip syariah harus dilakukan tanpa adanya paksaan (ridha), adil dan transaksinya berpijak pada kegiatan produksi dan jasa yang tidak dilarang oleh agama islam, termasuk bebas dari manipulasi dan juga spekulasi. Hal inilah yang manejdai perbedaan antara investasi syariah dengan investasi konvensional.

Pengertian investasi yang telah di tetapkan di lembaga keuangan konvensional, berbeda dengan pengertian investasi di lembaga keuangan syariah, beberapa aspek yang harus di perhatikan oleh para investor dalam berinventasi menurut persepktif dalam agama Islam yaitu:

  1. Aspek keuntungan finansial (material).
    Artinya setiap investasi yang dijalankan, hendaknya membuka peluang keuntungan finansial bagi para pihak yang terlibat di dalamnya. Karena melalui investasi syariah dengan system kemitraan bagi hasil, setiap keuntungan yang diperoleh investor berarti menjadi keuntungan pula bagi pengelola dana

  2. Aspek kehalalan.
    Artinya kegiatan investasi hendaknya selalu menghindarkan dari segala bentuk usaha yang haram, dengan tujuan untuk mendapatkan ridha dan keberkahan dari Allah.

  3. Aspek tanggung jawab sosial.
    Artinya dari hasil investasi harus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar.

  4. Aspek pengharapan kepada ridha Allah.
    Artinya suatu bentuk investasi tertentu dipilih adalah dalam rangka mencapai ridha Allah.