Apa saja nilai-nilai yang ada didalam Pendidikan Karakter ?

Pendidikan Karakter

Apa saja nilai-nilai yang ada didalam Pendidikan Karakter ?

Terdapat enam pilar penting karakter manusia yang dapat digunakan untuk mengukur dan menilai watak/perilakunya, yaitu: respect (penghormatan), responsibility (tanggung jawab), citizenship-civic duty (kesadaran berwarganegara), fairness (keadilan), caring (kepedulian dan kemauan berbagi) dan trustworthiness (kepercayaan).

Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa diidentifikasi dari sumber Agama, Pancasila, Budaya dan Tujuan Pendidikan Nasional.

Berdasarkan keempat sumber nilai itu, teridentifikasi sejumlah nilai untuk pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagai berikut ini:

  • Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan

    Pikiran, perkataan, dan tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai ketuhanan dan atau ajaran agamanya.

  • Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri:

    1. Jujur
      Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri sendiri dan pihak lain.

    2. Bertanggung jawab
      Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajiban
      sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

    3. Bergaya hidup sehat
      Segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

    4. Disiplin
      Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

    5. Percaya diri
      Sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan tercapainya setiap keinginan dan harapan.

    6. Berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
      Berpikir dan melakukan sesuatu secara kenyataan atau logika untuk menghasilkan cara atau hasil baru dan termutakhir dari apa yang telah dimiliki.

    7. Mandiri
      Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.

    8. Ingin tahu
      Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih

  • Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama

    1. Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
      Sikap tahu dan mengerti serta melaksanakan apa yang menjadi milik/hak diri sendiri dan orang lain serta tugas/ kewajiban diri sendiri serta orang lain.

    2. Patuh pada aturan-aturan sosial
      Sikap menurut dan taat terhadap aturan-aturan berkenaan dengan masyarakat dan kepentingan umum.

    3. Menghargai karya dan prestasi orang lain
      Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.

    4. Santun
      Sifat yang halus dan baik dari sudut pandang tata bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang.

    5. Demokratis
      Cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

  • Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan

    Sikap dan tindakan yang selau berupaya mencegah kerusakan pada alam dan sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memerbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi dan selalu ingin memberi

  • Nilai kebangsaan

    1. Nasionalis
      Cara berpikir, bersikap dan berbuat menunjukan kesetiaan dan kepedulian yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, karakter, ekonomi, dan politik bangsanya.

    2. Menghargai keberagaman
      Sikap memberikan respek/hormat terhadap berbagai macam hal baik yang berbentuk fisik, sifat, adat, karakter, suku dan agama.67

Dalam rangka lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter telah teridentifikasi 18 nilai yang bersumber dari agama, pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional, yaitu:

  1. Religius,
  2. Jujur,
  3. Toleransi,
  4. Disiplin,
  5. Kerja Keras,
  6. Kreatif,
  7. Mandiri,
  8. Demokratis,
  9. Rasa Ingin Tahu,
  10. Semangat Kebangsaan,
  11. Cinta Tanah Air,
  12. Menghargai Prestasi,
  13. Bersahabat/Komunikatif,
  14. Cinta Damai,
  15. Gemar Membaca,
  16. Peduli Lingkungan,
  17. Peduli Sosial,
  18. Tanggung Jawab.

Referensi :

  • Pupuh Fathhurrohman, Pengembangan Pendidikan Karakter, (Bandung: Refika Aditama, 2013)
  • Kementrian Pendidikan Nasional Badan penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, (Jakarta: Balitbang Diknas, 2010)