© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja nama pasukan khusus yang dimiliki oleh indonesia ?

Pasukan khusus atau pasukan operasi khusus adalah satuan militer yang dibentuk dan dilatih untuk melakukan misi perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, aksi langsung, dan pertahanan luar negeri. Pasukan khusus biasanya terdiri dari kelompok kecil yang sangat terlatih, yang dipersenjatai dengan senjata khusus, yang bekerja secara mandiri, siluman, dengan kecepatan tinggi, dan dengan kerja sama yang dekat. Pasukan khusus juga sering diberi tugas melatih satuan militer luar negeri, jadi dibutuhkan juga keahlian budaya dan bahasa.

Istilah ini sebenarnya agak samar-samar, karena kriteria pasukan khusus bisa berbeda pada setiap negara, tetapi, pasukan khusus tidak sama dengan pasukan elit. Pasukan elit adalah satuan tentara yang dipilih dan disatukan menjadi satuan yang sama. Semua pasukan khusus adalah pasukan elit, tetapi pasukan elit belum tentu pasukan khusus. Pasukan elit dibuat agar bisa mengerjakan tugas pasukan reguler, tetapi secara lebih baik.

Apa saja nama pasukan khusus yang dimiliki oleh indonesia ?

Kopassus


Kopassus adalah akronim dari Komando Pasukan Khusus yang secara struktur berada di bawah komando TNI Angkatan Darat. Dikutip dari kopassus.mil.id, Kopassus dipelopori oleh Letkol Slamet Riyadi pada masa awal kemerdekaan dengan tujuan untuk menciptakan satuan pemukul yang dapat digerakkan secara cepat dan tepat.

kopassus

Kopaska


Kopaska adalah kepanjangan dari Komando Pasukan Katak yang berada di bawah TNI Angkatan Laut. Pasukan ini dibagi ke dalam dua grup yaitu grup armada timur dan grup armada barat. Seperti namanya, prajurit Kopaska harus memiliki kualifikasi untuk melakukan tugas baik di darat dan di laut.

Tugas-tugas Kopaska antara lain adalah sabotase, operasi khusus, underwater demolition, dan special boat units. Kabarnya, perbandingan kekutaan satu orang pasukan Kopaska sama dengan 24 pasukan reguler.

kopaska

Paskhas


Seperti dua pasukan sebelumnya, Paskhas juga bagian dari TNI Angkatan Udara. Nama Paskhas diambil dari akronim pasukan khas. Dilansir dari paskhas.mil.id, sejarah berdirinya Paskhas tidak dapat dilepaskan dari Operasi Dwikora tahun 1960an yang kemudian melihat perlunya dibentuk sebuah pasukan khusus spesialis serangan udara.

Tugas utama Paskhas antara lain adalah, melaksanakan operasi perebutan pengendalian pangkalan udara (OP3U), operasi pertahanan udara, operasi pengamanan alusista strategis, operasi khusus penanggulangan bajak udara serta operasi tempur lainnya.!

paskas|690x715

pasukan khusus indonesia :

  1. sat gultor 81 kopassus (Satuan/81 Pengaggulangan Teror )
  2. Denjaka TNI AL (Detasemen Jala Mangkara)
  3. KORPHASKASAU TNI AU (korp pasukan khas TNI Angkatan Udara)
  4. Kostard Tontaipur (pleton intai tempur)
  5. Kopaska TNI AL (Komando pasukan katak)
  6. kopassus TNI AD (Komando pasukan khusus)
  7. Batalyon Raider

Mau nambahin

  1. Den-bravo 90 (Detasemen Bravo 90)
    Bravo artinya yang terbaik, pasukan ini terbentuk paling muda tahun 1990 dibanding pasukan khusus lain tapi pasukan ini debentuk dan dicetak menjadi pasukan Elite terbaik dunia karena porsi latihan mereka dianggap paling berat dan paling profesional.

Densus 88 (detasemen khusus 88) anti teror itu bukanya juga termasuk pasukan khusus dari indonesia ya?