Apa Saja Mitos Skincare yang tidak benar?

image

Apa Saja Mitos Skincare yang tidak benar?

1. Kulit Berminyak Tidak Perlu Pelembap

image

Beberapa orang masih percaya jika pemilik kulit berminyak sebaiknya tidak menggunakan pelembap. Katanya, pelembap sebaiknya dipakai oleh pemilik kulit kering saja. Padahal hal ini salah banget. Pemilik kulit berminyak juga tetap perlu menggunakan pelembap untuk mencegah kulit dehidrasi.

Saat pemilik kulit berminyak skip menggunakan pelembap, sistem di otak akan memerintahkan kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak karena merasa kulit kekeringan. Jadinya, kulit malah semakin berminyak. Sebaliknya, produksi minyak akan lebih seimbang ketika kulit kamu sudah terhidrasi karena rutin menggunakan pelembap.

2. Pori-Pori Bisa Membesar dan Mengecil

image

Banyak produk kecantikan yang sering memberi klaim bisa mengecilkan pori-pori. Padahal, pori-pori kulit bukan otot yang bisa membesar atau mengeci. Semakin bertambah usia, penampakan pori-pori memang akan menjadi lebih besar.

Ketika memakai sebuah produk, pori-pori mungkin akan terlihat lebih kecil, tapi bukan berarti ukurannya benar-benar menciut. Produk tersebut hanya memberi efek menyamarkan pori-pori sehingga terlihat lebih kecil.

3. Sunscreen Tidak Diperlukan Saat Mendung

image

Masih banyak orang yang berpikir jika saat mendung, sinar matahari tidak akan berbahaya untuk kulit. Padahal saat mendung sekalipun, sinar UV bisa menembus awan dan membuat beragam masalah di kulit kita. Karena itu saat mendung ataupun saat beraktivitas di dalam ruangan, kamu tetap perlu menggunakan sunscreen.

Pilih sunscreen dengan SPF dan PA sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan, gunakan sunscreen dengan SPF 50 dan PA ++++. Sementara jika kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan, sunscreen dengan SPF 30 dan PA +++ sudah cukup untuk melindungi kulitmu.

4. Foundation Bisa Merusak Kulit

image

Untuk mitos satu ini, jawabannya bisa benar dan salah. Foundation yang kamu gunakan setiap hari aman jika sudah memiliki dermatology test dan kamu rajin membersihkan wajah setelah menggunakannya. Sementara kalau kamu malas menghapus makeup secara tuntas di malam hari, foundation tentunya bisa menyebabkan masalah pada kulit.

Jadi sebelum menyalahkan foundation atas jerawat dan kulit kusam, sebaiknya cek dulu apakah kamu sudah membersihkan makeup dengan benar selama ini. Kalau belum, segeralah untuk memulai kebiasaan double cleansing ya.

5. Bulu Makin Tebal Setelah Dicukur

image

Mencukur bulu kaki katanya bisa membuatnya jadi makin tebal, bener enggak sih? Faktanya, ukuran ketebalan rambut akan tetap sama pada sebelum ataupun setelah dicukur. Hanya saja rambut memang akan terlihat lebih tebal karena bentuk ujung rambut yang berubah.

Sebelum dicukur, bagian ujung rambut umumnya mengerucut sehingga terkesan tipis. Setelah dicukur, bagian kerucut tersebut akan hilang dan digantikan dengan bentuk rambut yang flat . Perubahan inilah yang membuat rambut seakan-akan terlihat lebih tebal.

Saat ini, banyak wanita dan juga pria yang sangat serius mendalami rutinitas perawatan kulit. Dari mulai menggunakan produk yang tersedia di pasaran, hingga melakukan perawatan kulit alami, semua dijalankan demi mendapatkan tampilan kulit yang sehat dan cantik sesuai yang diidamkan.

Namun, banyak sekali mitos seputar perawatan kulit yang beredar dan dipercaya banyak orang. Misalnya, kepercayaan bahwa perlu mencuci wajah sesering mungkin dalam sehari untuk mendapat kulit yang bersih dan sehat, padahal ini sama sekali tidak benar. Mencuci muka hanya dilakukan dua kali sehari, yakni di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Berikut ini merupakan beberapa mitos yang tidak perlu dipercaya seputar perawatan kulit:

1. Makeup bisa menyebabkan jerawat

Ini merupakan salah satu mitos perawatan kulit yang paling umum dan tentunya tidak benar. Makeup tidak menyebabkan jerawat, namun, menggunakan produk makeup yang salah dan kedaluwarsa bisa menyebabkan masalah jerawat. Jika Anda rutin memakai makeup, Anda perlu mengenal kulit Anda lebih baik dan memilih produk yang sesuai. Periksa juga tanggal kedaluwarsa dari produk yang Anda gunakan. Dan satu hal lain yang perlu Anda ingat untuk menghindari jerawat adalah, untuk selalu menghapus makeup sebelum Anda pergi tidur.

2. Sering mencuci wajah bisa bersihkan kulit

Ini juga menjadi satu hal yang dipercaya oleh banyak orang. Mencuci wajah memang bisa membersihkan kulit Anda, tapi terlalu sering mencucinya justru akan menyebabkan masalah.

Mencuci wajah terlalu sering bisa menyingkirkan minyak alami dari kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan lebih banyak produksi minyak atau sebum. Ini malah akan menyebabkan lebih banyak jerawat daripada mencegahnya.

3. Tabir surya hanya diperlukan saat keluar ruangan

Ini tidak sepenuhnya salah. Tabir surya adalah bagian penting dari perawatan kulit Anda. Anda bahkan disarankan untuk tidak keluar rumah tanpa menggunakan tabir surya. Tapi, jika ada anggapan bahwa tabir surya dibutuhkan hanya ketika Anda terpapar matahari secara langsung, ini baru salah. Anda membutuhkan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya bahkan ketika Anda berada di dalam ruangan, sebab sinar ultraviolet tetap bisa menembus jendela dan masuk ke dalam ruangan.

4. Membutuhkan SPF yang lebih tinggi untuk melindungi kulit

Kulit kita membutuhkan perlindungan dari sinar matahari UVA dan UVB. Jumlah SPF hanya mengindikasikan perlindungan dari sinar UVB. Meskipun SPF yang lebih tinggi bermanfaat, ini tidak terlalu penting. Pakailah tabir surya setidaknya yang memiliki SPF 15 dan bahan-bahan seperti ecamsule atau oxybenzone untuk perlindungan lengkap dari sinar ultraviolet.

5. Produk yang mahal bekerja lebih baik

Ini jelas tidak benar. Jika tujuan Anda adalah memberikan perawatan yang tepat untuk kulit Anda, maka produk yang tidak mahal pun bisa melakukanya. Produk mahal tentu lebih lembut di kulit, tetapi bukan berarti cocok untuk kulit Anda. Gunakan lah produk yang cocok untuk kulit Anda, dan ini tidak perlu produk yang mahal.