Apa saja metode yang digunakan dalam manajemen laba?

image

Dalam melakukan menajeman laba pastinya akan ada metode atau cara yang digunakan agar berhasil untuk dicapai. Lalu apa saja metode yang digunakan dalam manajemen laba ?

Menurut Sulistiyanto (2008) ada empat metode untuk melakukan manajemen laba yaitu:

  1. Pemilihan metode akuntansi (accounting method choice)
    Ada berbagai metode akuntansi yang selama ini diakui oleh prinsip akuntansi, misalkan metode depresiasi garis lurus atau saldo menurun untuk mengalokasikan harga perolehan (cost) aktiva tetap. Metode FIFO atau LIFO untuk menentukan harga pokok persediaan. Prinsip akuntansi juga memberi kebebasan kepada penggunanya untuk memilih metode dan prosedur akuntansi sesuai dengan kebutuhan dan kepentingannya.

  2. Penerapan metode akuntansi ( accounting method application)
    Setelah memilih metode akuntansi dan menentukan nilai estimasi akuntansi sesuai dengan kepentingannya, manajer membuat kebijakan bagaimana cara menerapkan tanpa harus melanggar prinsip akuntansi. Upaya untuk memilih dan menerapkan metode akuntansi sesuai dengan kepentingan manajer, bisa dilakukan untuk mengelola dan mengatur labanya agar lebih tinggi atau rendah dari laba yang sesungguhnya.

  3. Waktu menerapkan metode akuntansi (acconting method timing)
    Selain mempunyai kebebasan untuk memilih dan menentukan metode atau standar akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan, manajer juga mempunyai kebebasan untuk menentukan kebijakan kapan dan bagaimana suatu transaksi / peristiwa diakui sebagai transaksi dan peristiwa akuntansi yang harus diungkapkan dalam laporan keuangan. Artinya, suatu transaksi atau peristiwa tidak harus dilaporkan pada periode terjadinya, namun dilaporkan dan diungkapkan sesuai dengan kebijakan dan kepentingan perusahaan.

  4. Pemilihan waktu (timing)
    Pemilihan waktu akuisisi aktiva dan disposisi dapat mempengaruhi laba akuntansi. Pengusaha dapat menggunakan metode ini ketika seberapa besar yang diinvestasikan dalam biaya pemeliharaan, yang diakui sebagai biaya periodik pada periode terjadinya pengeluaran. Pengusaha dapat memutuskan saat yang tepat penjualan plan, property, and equipment untuk dipercepat atau ditunda pengakuan keuntungan atau kerugian.

Sedangkan menurut Isnanta (2008) ada tiga metode untuk melakukan manajemen laba:

  1. Memanfaatkan peluang untuk membuat estimasi akuntansi
    Cara manajemen mempengaruhi laba melalui perkiraan terhadap estimasi akuntansi antara lain: estimasi tingkat piutang tak tertagih, estimasi kurun waktu depresiasi aktiva tetap/ amortisasi aktiva tak berwujud, estimasi biaya garansi dan lain-lain.

  2. Mengubah metode akuntansi
    Perubahan metode akuntansi yang digunakan untuk mencatat suatu transaksi, contohnya: merubah metode depresiasi aktiva tetap, dari metode depresiasi angka tahun ke metode depresiasi garis lurus.

  3. Menggeser periode biaya atau pendapatan
    Rekayasa periode biaya atau pendapatan antara lain mempercepat/ menunda pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan sampai periode berikutnya.