Apa saja masalah ekonomi makro jangka pendek yang harus diatasi?

Permasalahan kebijakan ekonomi makro mencakup masalah-masalah yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengendalian perekonomian secara umum.

Ada tiga masalah ekonomi makro jangka pendek yang harus diatasi setiap saat, yaitu:

  1. Masalah inflasi. Inflasi adalah suatu keadaan kecenderungan kenaikan harga-harga secara umum dan terus menerus. Inflasi merupakan salah satu masalah ekonomi yang banyak dialami oleh hampir semua negara. Kondisi semacam itu dianggap sebagai masalah dan tidak diperlukan kebijakan khusus untuk mengatasinya, namun inflasi tetap merupakan masalah. Karena dapat mengakibatkan redistribusi pendapatan diantara anggota masyarakat, dapat menyebabkan penurunan efisiensi ekonomi, dan dapat menyebabkan perubahan hasil dan kesempatan kerja bagi masyarakat.

  2. Masalah pengangguran. Pengangguran terjadi karena jumlah tenaga kerja melebihi tingkat kesempatan kerja yang tersedia. Di Indonesia upaya untuk menekan tingkat pengangguran dilakukan melalui pendekatan tingkat pertumbuhan penduduk. Program Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu alternatif untuk menekan laju pertumbuhan penduduk. Hal ini dilakukan karena pembangunan ekonomi tidak mempunyai arti jika dibarengi dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang terlalu tinggi.

  3. Masalah ketimpangan dalam neraca pembayaran. Neraca pembayaran adalah neraca yang memuat ikhtisar dari segala transaksi yang terjadi antara penduduk suatu negara dan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun). Ketidakseimbangan neraca pembayaran dalam suatu negara dapat dikatakan merupakan masalah apabila ketidakseimbangan tersebut cukup besar dan pemerintah perlu menanganinya.

Dalam jangka panjang, permasalahan ekonomi makro menyangkut persoalan pertumbuhan di bidang ekonomi yang pada dasarnya menyangkut bagaimana mengatur perekonomian agar terdapat keserasian antara pertumbuhan penduduk, pertambahan kapasitas produksi, dan tersedianya dana untuk investasi.

Referensi:
Kusumawardani, Dewi. 2009. Ekonomi: Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.