Apa saja Manfaat Susu untuk Kulit?

susu

Susu juga bermanfaat untuk kecantikan? Seperti yang kita ketahui, susu sapi memiliki protein, fosfor, kalsium, mineral, kasein, dan vitamin.

image

1. Regenerasi Kulit

Asam laktat dalam susu mempunyai khasiat menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru yang akan menggantikan lapisan kulit yang telah rusak. Sel kulit mati yang menumpuk menghalangi pembentukan sel baru pada kulit. Dengan demikian kulit selalu terjaga kesegaran dan kehalusannya serta senantiasa tampak bersih. Susu mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA). Mengangkat sel kulit mati pada kulit merupakan salah satu fungsi AHA untuk kulit.

2. Memutihkan Kulit

Keinginan memiliki kulit wajah dan tubuh yang putih pada sebagian besar wanita dimanfaatkan oleh para produsen dengan menciptakan berbagai macam produk pemutih yang membuat kita seringkali lupa akan adanya resiko krim pemutih palsu yang mengandung bahan pemutih wajah berbahaya. Kulit kusam atau tidak terlihat putih bisa juga disebabkan karena sering terpapar sinar matahari dan kotoran sehingga warna kulit tampak kusam dan kotor. Kandungan protein dan vitamin dalam manfaat susu untuk kulit berguna mengatasi masalah pigmentasi pada kulit.

3. Mengencangkan Kulit Wajah

Selain mulus dan bersih, kekencangan kulit wajah juga sangat penting. Kulit wajah yang kendur akan membuat seseorang tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Cara perawatannya yaitu dengan masker yang terbuat dari dua sendok makan susu murni yang dicampur dengan satu sendok makan madu dan satu kapsul vitamin E. Oleskan ke wajah kemudian bersihkan setelah 30 menit.

4. Membersihkan Wajah

Susu dapat menghilangkan kotoran dalam pori – pori wajah yang bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Caranya cukup dengan membasuhkan susu murni ke seluruh wajah, kemudian diusap dengan gerakan melingkar menggunakan kapas. Bilas wajah setelahnya. Bisa dilakukan setiap hari. Anda juga bisa merasakan manfaat air hangat untuk wajah yang salah satunya adalah membersihkan wajah dari kotoran yang menempel.

Referensi

https://klinikkecantikan.co.id/vitamin-dan-nutrisi/minuman-sehat/manfaat-susu-untuk-kulit

Manfaat anti aging atau anti penuaan dini pada kulit juga didapatkan dari susu dengan mengkonsumsinya sebagai cara mencegah penuaan dini. Susu mengandung antioksidan yang sangat baik untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh yang terbentuk akibat terkena polusi dan sinar matahari yang dapat menjadi penyebab keriput di usia muda.

Ada beberapa cara untuk mencegah penuaan dengan susu:

  1. Hangatkan susu murni secukupnya kemudian oleskan di wajah menggunakan kapas, biarkan hingga menjadi agak dingin lalu bilas dengan air bersih.

  2. Campurkan susu skim bubuk dengan air hangat, kemudian tambahkan madu atau perasan jeruk nipis. Biarkan selama maksimal 15 menit, kemudian bersihkan. Bisa dilakukan dua atau tiga kali seminggu.

  3. Campur pisang yang sudah dihaluskan dengan sedikit susu hingga menjadi pasta yang kental lalu oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit kemudian dibersihkan.